Kadis Koperasi dan UMKM Denpasar Apresiasi Pelaksanaan Rakerda Dekopinda 2024

DENPASAR | ARTIK.ID - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Dr. I Dewa Made Agung, SE, M.Si, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Denpasar 2024. Acara ini berlangsung pada Jumat, 24 Mei 2024, dan bertujuan untuk mengevaluasi serta merencanakan kegiatan koperasi ke depan.

Dalam wawancara Dr. I Dewa Made Agung mengungkapkan bahwa Rakerda tidak hanya berfungsi sebagai forum evaluasi, tetapi juga sebagai sarana untuk merumuskan deklarasi rencana strategis ke depan. "Rapat kerja daerah ini selain evaluasi, juga bagaimana merencanakan kegiatan ke depan. Itu yang paling penting. Dalam Rakerda ini harus ada deklarasi tentang apa yang harus kita lakukan ke depannya, sehingga bisa menjadi tuntunan bagi koperasi," ujar Dewa Made Agung.

Baca Juga: Upacara Pemelaspasan Rumah, I Made Badra Sebut Puncak Perjalanan Karier dan Pengabdian

Mengenai kondisi koperasi di Denpasar, Dewa Made Agung menyatakan bahwa ada peningkatan setelah pandemi, meskipun belum sepenuhnya maksimal seperti sebelum pandemi. "Secara umum, ada peningkatan dibandingkan waktu pandemi. Namun, kita masih perlu banyak penataan untuk mencapai kondisi optimal seperti sebelum pandemi," tambahnya.

Dewa Made Agung juga menekankan pentingnya regulasi dalam penataan koperasi. "Banyak regulasi yang harus kita terapkan untuk menata koperasi menjadi lebih profesional. Dari segi Sumber Daya Manusianya (SDM), pelatihan dan sebagainya sangat penting. Bahkan, jika memungkinkan, ada deklarasi yang harus kita ciptakan untuk tahun-tahun selanjutnya," jelasnya.

Baca Juga: I Ketut Suta Tekankan Profesionalisme dan Kepatuhan Koperasi Sesuai Permenkop No 8 Tahun 2023

Selain itu, ia berharap agar Rakerda Dekopinda 2024 dapat menghasilkan langkah-langkah konkret yang dapat meningkatkan profesionalisme koperasi. "Harapan kami adalah ada hasil-hasil yang bisa membuat koperasi lebih profesional dari berbagai aspek, terutama SDM dan pelatihan," tambahnya.

Dr. I Dewa Made Agung juga mengapresiasi semangat dan kerja keras Dekopinda Kota Denpasar dalam menyelenggarakan Rakerda. "Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Rakerda ini. Semoga hasil-hasil yang dicapai dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan koperasi di Denpasar," tutupnya.

Baca Juga: Rakerda Dekopinda Kota Denpasar, Menuju Tata Kelola Koperasi yang Tertib dan Disiplin

Dengan apresiasi dan dukungan dari Kadis Koperasi dan UMKM Denpasar, diharapkan Rakerda Dekopinda 2024 dapat membawa perubahan positif dan meningkatkan kualitas tata kelola koperasi di Kota Denpasar.(*)

Editor : LANI