Dampak Penggantian PLTU ke Pembangkit EBT dan Gas, PLN Raih Mata Lokal Award

JAKARTA | ARTIK.ID - Electrizen, PLN (Persero) meraih penghargaan Mata Lokal Award kategori Best Impact in Environment of The Year atas komitmennya mengurangi emisi karbon di tanah air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan, sumbangsih yang dianggap signifikan telah dilakukan perseroan.

Baca Juga: Mudik dan Balik Idul Adha Lancar, PLN Siapkan Fast Charging Kendaraan Listrik di Rest Area

Hal itu merupakan langkah dekarbonisasi di sektor kelistrikan dan transportasi melalui penggantian PLTU ke pembangkit EBT dan gas, co-firing biomassa pada PLTU, Implementasi carbon trading, dedieselisasi, pengembangan pembangkit EBT dan dukungan infrastruktur EV.

Baca Juga: GM PLN UID Jakarta Raya, Lasiran: SPKLU Pastikan Siap Layani Pengguna Mobil Listrik Saat Libur Idul Adha

“Jadi green tourism adalah masa depan pariwisata kita, dan kita berharap PLN bisa mendukung. Kita berharap bahwa pariwisata kita semakin berkualitas dan berkelanjutan, membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas termasuk green jobs,” ungkap Sandiaga Uno, dalam rilis, Rabu (22/5)

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, sebagai motor penggerak ekonomi bangsa, keberadaan PLN amatlah penting dalam menjamin ketersediaan energi listrik bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: PLN UID Jakarta Raya: Jelang Idul Adha Pasokan Listrik Surplus

"Transisi dari energi fosil ke energi bersih merupakan peluang untuk membangun kapasitas nasional, menciptakan lebih banyak lapangan kerja, salah satunya pada green tourism yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, mengentaskan kemiskinan, dan pada saat yang sama juga menjaga kelestarian lingkungan," pungkas Darmawan Prasodjo. (red)

Editor : Jabrik