Menjelajahi Keindahan Mangrove Gunung Anyar, Sebuah Oasis dalam Kebisingan Kota Surabaya

Model: Alia, Foto by Fudai
Model: Alia, Foto by Fudai

SURABAYA | ARTIK.ID - Hutan Mangrove Gunung Anyar (HMG) di Surabaya, bagaikan oasis hijau di tengah hiruk pikuk kota. Dibangun pada tahun 2023, HMG seluas 34 hektar ini menawarkan panorama alam yang memesona, edukasi tentang kelestarian ekosistem hutan bakau, dan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung.

Keindahan dan Pesona HMG:

Baca Juga: Eri Cahyadi Minta Maaf pada Warga Pakal dan Sambikerep Terkait Banjir di Kawasan Itu

Memasuki HMG, pengunjung akan disambut oleh hamparan hijau pepohonan bakau yang menjulang tinggi. Udara segar dan suara gemerisik daun bakau menciptakan suasana tenang dan damai.

Jembatan kayu yang membentang di sepanjang hutan bakau menjadi jalur utama pengunjung untuk menjelajahi keindahan HMG. Di sepanjang perjalanan, pengunjung dapat mengamati berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di hutan bakau, seperti burung, ikan, dan kepiting.

Model: Alia, Foto by FudaiModel: Alia, Foto by Fudai

Edukasi dan Konservasi:

HMG bukan hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga edukasi tentang pentingnya ekosistem hutan bakau.

Baca Juga: Dari Tanah Fasum Jadi Kampung Herbal, Inovasi Warga Nginden Jangkungan Butuh Perhatian

Di sepanjang jalur wisata, terdapat papan-papan informasi yang menjelaskan tentang fungsi hutan bakau, seperti mencegah abrasi pantai, melindungi habitat biota laut, dan menyerap karbon dioksida.

Aktivitas Menarik:

Selain menikmati keindahan alam dan edukasi, HMG juga menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Mulai Tarik Retribusi Tiket Masuk di Romokalisari Adventure Land dan KRM

Pengunjung dapat menyewa kano atau perahu untuk menyusuri sungai di antara pepohonan bakau. Bagi pecinta fotografi, HMG merupakan spot foto yang instagramable dengan berbagai sudut menarik.

Dengan HTM 15 ribu rupiah, Hutan Mangrove Gunung Anyar sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan kamu, sembari bersantai di gazebo-gazebo yang disediakan di sepanjang jalur wisata.  

 

Editor : Jabrik