Dana Pengamanan Pilkada Serentak 2024 Pemkab Jayapura Sebanyak 3 Miliar Rupiah Telah Cair

FOTO: From Amatus Rahakbauw
FOTO: From Amatus Rahakbauw

SENTANI | ARTIK.ID - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura menyebut dana pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 tahap pertama telah cair, Rabu (15/5/2024). 

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen di Sentani mengatakan, dana  pengamanan pilkada serentak 2024 sebanyak Rp 3 miliar telah diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

Baca Juga: Pemkab Puncak Bangun Asrama Mahasiswa Rp30 Miliar, Siap Tampung Ratusan Orang

“Pembayaran dana pilkada akan dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama telah diberikan dan tahap kedua setelah mendekati pelaksanaan pilkada,” katanya.

Menurut Kapolres, dana pengamanan dari Pemkab Jayapura cepat terealisasi karena permintaan dari pihaknya pun segera dimasukkan sehingga pencarian dapat terjadi.

“Anggaran tersebut untuk melaksanakan sosialisasi serta pengamanan awal dalam tahapan pilkada yang sementara berlangsung berlangsung hingga pendaftaran bakal calon kepala daerah ke kpu,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua MPR for Papua Sebut Perlu Sinergisitas Seluruh Elemen Pejabat Baru di Papua

Dia menjelaskan anggota Polres Jayapura sudah mulai disebar untuk pengamanan baik di komisi pemilihan umum (KPU) dan badan pengawas pemilu (Bawaslu).

“Tugas kami mensukseskan pilkada dengan poin utama bagaimana komisioner kpu dan bawaslu dapat bekerja dengan aman tanpa adanya gangguan apapun,” katanya.

Baca Juga: Disdikbud Kabupaten Biak Sebut PPDB Tahun Ini akan Menggunakan Sistem Daring

Dia menambahkan peta kerawanan Pilkada di Kabupaten Jayapura tidak jauh berbeda dengan Pemilu tetapi tingkat kewaspadaan akan ditingkatkan.

“Kalau pemilu kan ratusan orang mengejar 30 kursi, sedangkan ini beberapa calon karena belum tahu calon kepala daerah ada berapa orang memperebutkan dua kursi bupati dan wakil sehingga konsentrasi warga bisa petakan sejak awal,” pungkasnya. (ark)

Editor : Amatus Rahakbauw