Wujudkan Inovasi Pertanian, Unisda Lamongan Panen Melon Varietas Golden Kinasih

Rektor Unisda Lamongan, Muhammad Hafidz Nashrullah, SE MM, tengah
Rektor Unisda Lamongan, Muhammad Hafidz Nashrullah, SE MM, tengah

LAMONGAN | ARTIK.ID - Fakultas Pertanian Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan menggelar acara panen melon varietas Golden Kinasih. Acara panen tersebut menjadi kebanggan karena berhasil menggabungkan inovasi pertanian dengan pendekatan teknologi.

Panen melon Golden Kinasih ini dibuka oleh Rektor Unisda Lamongan, Muhammad Hafidz Nashrullah, SE MM, di Green House Agroteknologi Fakultas Pertanian Unisda Lamongan, Rabu(13/5/2024), dan dimulai pagi hari pukul 08.00, karena pada waktu tersebut dipilih agar bisa memastikan melon dipanen pada kondisi yang tepat untuk kualitas yang optimal.

Baca Juga: Budi Leksono (Buleks) Santuni Anak Yatim dan Lansia di Lamongan Dipo Surabaya

Rektor Muhammad Hafidz Nasrullah mengatakan panen tersebut bertujuan untuk mewujudkan hasil inovasi pertanian, khususnya dalam budidaya melon varietas Golden Kinasih, yang dipelihara di Green House Agroteknologi Fakultas Pertanian Unisda Lamongan. 

"Panen melon menjadi momen puncak dari serangkaian kegiatan budidaya yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknologi terkini," ujarnya.

Ia menambahkan panen tersebut juga untuk memperkenalkan dan mempromosikan inovasi pertanian, serta untuk menunjukkan potensi hasil yang dapat dicapai dengan penggunaan teknologi dalam pertanian. 

Selain itu,  juga menjadi bagian dari upaya Fakultas Pertanian Unisda Lamongan dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengembangan pertanian yang berkelanjutan dan berkualitas, khususnya bagi mahasiswa agroteknologi fakultas pertanian Unisda Lamongan.

Baca Juga: Seorang Pemotor Tewas Usai Kecelakaan Adu Moncong di Lamongan

"Fakultas Pertanian Unisda Lamongan menjadi pelaku utama dalam acara panen melon Golden Kinasih. Para mahasiswa, dosen, serta tim peneliti aktif terlibat dalam seluruh proses, mulai dari penanaman hingga panen,"tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Unisda Lamongan Choirul Anam menjelaskan bahwa Green House Agroteknologi Fakultas Pertanian Unisda Lamongan menjadi lokasi utama acara panen karena tempat tersebut dirancang khusus untuk menciptakan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan tanaman, termasuk melon varietas Golden Kinasih.

Panen melon dilakukan secara serentak oleh para mahasiswa, dosen, dan dinas ketahanan pangan dari kabupaten lamongan. Setelah panen, melon Golden Kinasih dievaluasi kualitasnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa hasil menunjukkan hasil yang baik. 

"Alhamdulilah, sesuai rencana, ada yg berat 4,5 kg. Kemanisan 14 brix,"ujar Bapak Choirul Anam dekan fakultas pertanian Unisda. 

Acara berlangsung dengan lancar dan meriah, memberikan inspirasi serta wawasan baru dalam bidang pertanian dan teknologi. (Mad)

Editor : Jabrik