Khofifah Indar Parawansa Resmikan SMK Negeri Maritim Lamongan, Pertama di Indonesia

Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam peresmikan gedung sekolah dan asrama SMK Negeri Maritim di Brondong, Lamongan, Sabtu (10/2).
Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam peresmikan gedung sekolah dan asrama SMK Negeri Maritim di Brondong, Lamongan, Sabtu (10/2).

LAMONGAN | ARTIK.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung sekolah dan asrama SMK Negeri Maritim Jawa Timur di Brondong, Lamongan, Sabtu (10/2).

Dalam acara itu, Gubernur Khofifah didampingi oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai. Peresmian dilakukan dengan menekan tombol sirene serta pemotongan pita.

Baca Juga: Prabowo Serahkan SK DPP Gerindra, Khofifah-Emil Siap Bertarung di Pilgub Jatim 2024

SMK Negeri Maritim, merupakan SMK boarding school berbasis maritim pertama di Indonesia, yang pembangunnya telah dimulai sejak 30 April 2019 lalu, di atas tanah hibah Pemerintah Kabupaten Lamongan, menggunakan dana dari APBD dan APBN.

"Ini lembaga pendidikan vokasi yang sekaligus menjadi penguatan visi kenusantaraan, seluruh hal-hal yang membangun penguatan kenusantaraan harus terus kita sinergikan. Bagaimana sekolah ini hadir sebagai juru bicara keindonesiaan dan kenusantaraan," papar Khofifah.

Baca Juga: Gibran Silaturahmi ke Rumah Khofifah, Nyatakan Siap Kampenya Dukung Pemenangan di Jawa Timur

Khofifah berharap, sekolah juga mendapat penguatan dari TNI AL, sehingga apa yang dilakukan pada hari ini akan menjadi bagian dari penguatan di sektor maritim dan sektor perikanan yang berwawasan Nusantara.

Sebagai informasi, SMKN Maritim Lamongan akan mulai beroperasi untuk tahun ajaran 2024-2025 dengan target penerimaan siswa mencapai 108 orang.

Baca Juga: Setelah PAN, Khofifah Indar Parawansa Terima SK Dukungan dari PSI untuk Pilgub Jatim 2024

"Nantinya akan ada 3 konsentrasi yakni Nautika Kapal Penangkapan Ikan, Teknika Kapal Penangkapan Ikan, dan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan. Mohon doanya semoga manfaat dan barakah," pungkas Khofifah.

(diy)

Editor : Fudai