Sony (6758.T) baru saja terjerumus ke dalam kekalahan perang, pada hari Rabu (19/01/2022) Investor telah menghapus hingga 10% dari nilai pasarnya.
Grup Jepang mungkin kehilangan akses ke beberapa konten tetapi tampaknya dapat dikelola untuk saat ini. Kekhawatiran yang lebih besar adalah bahwa Sony tidak dapat menandingi saingannya yang jauh lebih besar karena para gamer melihat lebih dari sekadar konsol.
Baca juga: Revolusi AI di Indonesia, Ini Laporan Microsoft dan LinkedIn 2024
Dilansir dari reuters, pembelian Microsoft yang besar di industri, kemungkinan akan memicu perang konten. Kesepakatan itu akan memberi pembuat konsol Xbox judul-judul populer yang stabil dari hit seluler "Candy Crush" hingga penembak jitu "Call of Duty" yang menguntungkan.
Studio yang lebih besar telah mengepung rekan-rekan yang lebih kecil. Awal bulan ini, Take-Two Interactive (TTWO.O) membeli Zynga dalam kesepakatan $12,7 miliar. Titans seperti Meta (FB.O), Alphabet (GOOGL.O) dan Netflix juga memiliki ambisi di sektor ini.
Itu menempatkan Sony, yang memiliki nilai pasar sekitar $140 miliar jika dibandingkan dengan saingannya di AS, dalam posisi yang sulit.
Strategi sederhana perusahaan untuk memperoleh studio yang relatif kecil dan ceruk telah membantu mendorong konsol PlayStation di depan Xbox. Tapi yang terakhir sekarang bisa mendapatkan keunggulan. "Call of Duty: Vanguard" dari Activision, misalnya, adalah judul kedua yang paling banyak diunduh untuk PlayStation 5 di Amerika Utara dan Eropa tahun lalu;
Sejumlah analis di Macquarie menganggap bahwa waralaba trlah menyumbang porsi utama dari penjualan dalam game Sony. Meskipun tidak mungkin pemilik baru Activision akan memutuskan akses. Microsoft akan berusaha untuk secara bertahap memikat para gamer PlayStation ke konsolnya sendiri dengan konten baru dai Handphone.
Selain itu, taruhan besar pada Activision menandakan perusahaan serius membangun dunia virtual di luar konsol atau perangkat. Perlu dicatat bahwa "Call of Duty" adalah salah satu waralaba langka yang tidak terikat pada satu platform.
Sebaliknya, Sony, yang juga membuat elektronik dan baru-baru ini mengumumkan rencana untuk bisnis kendaraan listrik, menggandakan game eksklusif untuk PlayStation. Ini mungkin memiliki suasana pertandingan David dan Goliath, tetapi Microsoft tampaknya berada di level yang sama sekali berbeda.
(Alih Bahasa: Kudel)
Editor : Fudai