Kejujuran Pengurus LPD Desa Adat Satra Klungkung Dorong Kontribusi Dana Pembangunan Desa Adat

KLUNGKUNG | ARTIK.ID - Pemucuk LPD Desa Adat Satra Kabupaten Klungkung, I Wayan Budihartawan, mengungkapkan meski alami penurunan di tahun buku 2023 Namun secara umum kinerja LPD Satra Klungkung masih bisa menyumbangkan dana pembangunan bagi desa adat. Dalam wawancara dengan Newsyess pada Sabtu, 30 Maret 2024, di kantor LPD Satra Klungkung, Budihartawan menyoroti peran kepercayaan dan kejujuran sebagai pendorong utama keberhasilan tersebut.

Budihartawan menyatakan bahwa kondisi LPD saat ini masih berjalan seperti biasa , dengan catatan laba yang menunjukkan penurunan namun tidak siknipikan dibanding tahun sebelumnya. "Kepercayaan dari masyarakat, khususnya para penabung, semakin ada meningkat karena konsep pengelolaan yang kami terapkan berlandaskan ngayah dengan tulus dan jujur," ujarnya dengan penuh optimisme.

Baca Juga: Istri Made Kasta, I Putu Sri Sundari,Memberikan Restu untuk Maju Sebagai Calon Bupati Klungkung 2024

Prestasi ini tercermin dari capaian laba tahun 2023 sebesar Rp. 126 juta. Meskipun menghadapi penurunan dalam penyaluran pinjaman karena banyaknya alternatif pinjaman seperti KUR dengan persyaratan yang lebih mudah, LPD Satra Klungkung tetap mampu menunjukkan kinerja yang positif "Tantangan lain yang kami hadapi adalah tentang bagemana manajemen dan tata Kelola yang lebih baik kedepannya sehingga, kami tetap menjalankan fungsi pengawasan dengan tegas dan transparan," tambah Budihartawan.

Baca Juga: I Made Kasta ; Dukungan Masyarakat adalah Pendorong Utama Perjuangan Kami di Klungkung

Sementara aset LPD saat ini telah mencapai lebih dari Rp. 10 miliar, Budihartawan menegaskan bahwa hal ini masih dianggap standar dan belum menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya. Namun, ia berharap agar masyarakat Satra terus memupuk rasa kepercayaan terhadap LPD karena hal tersebut menjadi kunci bagi kemajuan institusi tersebut.

"Dengan dukungan dan kepercayaan dari masyarakat serta semangat kerja pengurus yang tetap didorong oleh kejujuran, saya yakin dan optimis bahwa LPD Satra akan mengalami perkembangan yang pesat pada tahun 2024 ini," ungkap Budihartawan. Ia menekankan pentingnya menjalankan semua proses sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan serta mencapai target yang telah direncanakan.

Baca Juga: Ketut Gunaksa: Siap Mendampingi Made Kasta Demi Kemajuan Klungkung

Dalam penutup, Budihartawan menyampaikan rasa syukur atas dukungan dari sang hyang widhi wase, yang diyakininya akan mewujudkan kelancaran dan kesuksesan dalam setiap langkah LPD Satra Klungkung ke depannya.(tim)

Editor : LANI