Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif di Jambi Melalui Kelana Nusantara

Istimewa
Istimewa

JAMBI | ARTIK.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) peserta Kelana Nusantara di Teanol Cafe, Jambi, Minggu (17/3).

Baca Juga: Wali Kita Eri Cahyadi Nonton Bareng Film "Kartolo Numpak Terang Bulan" di XXI TP

Baca Juga: Tingkatkan Konektivitas, Presiden Jokowi Resmikan 24 Ruas Jalan di Kalimantan Barat

Sandiaga mendorong penguatan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Jambi dengan menghadirkan acara Kelana Nusantara. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kelana Nusantara merupakan forum yang menyerap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif. Forum ini dijadikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari bawah, yang dikenal dengan istilah Bottom Up, agar dapat dijadikan masukan dan evaluasi untuk pembangunan ke depan.

Menparekraf menyatakan bahwa provinsi Jambi memiliki potensi ekonomi kreatif yang beragam. Oleh karena itu, ekosistem parekraf perlu diperkuat dan dikembangkan untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.

Baca Juga: Manfaatkan Musim Haji, Sandiaga Luncurkan Paket Wisata Alam untuk Warga Arab Saudi

"Kelana Nusantara kami hadirkan untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif. Kami melihat potensi yang dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ujarnya.

Menparekraf juga mendorong Pemerintah Kota Jambi untuk mengajukan uji petik Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif. Langkah ini bertujuan untuk menentukan subsektor yang menjadi unggulan di Jambi. Mengingat bahwa pelaku ekonomi kreatif sebagian besar berasal dari kalangan pelaku UMKM yang menyumbang 97 persen lapangan kerja di Indonesia.

Baca Juga: Aktor Muda Verrell Bramasta Raih Hampir 100 Ribu Suara, Mulus Melenggang ke Senayan

"UMKM memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan kerja. Dengan memberdayakan UMKM, lapangan kerja di Jambi akan terbuka lebih luas," pungkasnya.

(red)

Editor : Amar