Desa Adat Sibanggede Terima Hibah Mobil Baru dari LPD

BADUNG | ARTIK.ID - Desa Adat Sibanggede terus memperkuat sinerginya dengan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dalam mencapai tujuan dan kemajuan bersama. Bendesa Desa Adat Sibanggede Badung, I Nyoman Suarianta, S. Sn. M.Si, saat diwawancarai pada Rabu, 6 Maret 2024, mengungkapkan peranan LPD yang sangat signifikan, terutama dalam mendukung rangkaian upacara di adat dan kegiatan masyarakat.

Dalam rangka mempersiapkan perayaan hari-hari besar pengerupukan penyepian, Bendesa I Nyoman Suarianta menjelaskan bahwa LPD turut terlibat dalam pemelastian yang desa adat laksanakan bersama pemaksan-pemaksan yang berkumpul untuk merayakan upacara di desa adat Sibanggede.

Baca Juga: LPD Sibanggede Hibahkan Mobil Baru untuk Operasional Kegiatan Desa Adat

Keterlibatan LPD semakin meningkatkan kualitas acara, terutama dengan kembalinya kantor LPD ke pasar rakyat Sibanggede, memungkinkan pegawai dan staf LPD beroperasi lebih efisien.

Dalam konteks piodalan, LPD memberikan kontribusi besar dengan peningkatan dana punianya setiap 6 bulan untuk setiap pura di Desa Adat Sibanggede. Awalnya Rp 6 juta per pura, kini meningkat menjadi Rp 7,5 juta, menjadikan total 5 pura di desa adat ini mendapatkan dukungan finansial yang lebih besar.

Hal ini sangat berarti karena kayangan tiga di desa adat sekarang terpusat di Desa Adat Sibanggede, menggantikan sistem sebelumnya yang berpusat di 12 banjar di Sibanggede.

Bendesa I Nyoman Suarianta menyampaikan bahwa LPD juga berperan penting dalam mendukung kegiatan kremasi di Desa Adat. Dalam hal ini, LPD juga memberikan sarana berupa Pinsial atau dana dalam bentuk kredit dengan bunga sangat murah apabila krama ingin melaksanakan Kremasi ala Desa adat Sibanggede.

Disisi lian Kita di desa adat akan segera melaksanakan upacara caru menawagempa sebagai respons terhadap kejadian yang tidak wajar, seperti banyaknya warga yang meninggal. Koordinasi yang baik antara desa adat dan desa dinas, serta dukungan dari masyarakat dan LPD, membuat kegiatan ini dapat direalisasikan.

Terakhir, Bendesa I Nyoman Suarianta menyampaikan rasa terima kasihnya kepada LPD atas hibahan mobil baru yang akan mendukung operasional Desa Adat Sibanggede.

Mobil tersebut diharapkan akan sangat bermanfaat, terutama dalam mendukung program-program ke depan, seperti program kremasi. Bendesa berharap agar LPD terus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program keuangan yang telah mereka tawarkan, seperti Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah serta dukungan dalam penyelesaian keuangan masyarakat. Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun desa melalui dukungan LPD Sibanggede. (lani)

Editor : Lani