Kontribusi Luar Biasa LPD Desa Adat Besan Mendapat Apresiasi Wakil Bendesa

Wakil Bendesa Adat Besan, I Wayan Kurniawan
Wakil Bendesa Adat Besan, I Wayan Kurniawan

KLUNGKUNG | ARTIK.ID - Wakil Bendesa Adat Besan, I Wayan Kurniawan, memberikan apresiasi tinggi terhadap kontribusi luar biasa yang telah diberikan oleh Lembaga Perkreditan Desa (LPD) kepada Desa Adat Besan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Dalam wawancara khusus hari Sabtu, 2 Maret 2024, Kurniawan menyatakan kepuasannya terhadap kinerja LPD yang tidak hanya memberikan dana pembangunan desa adat, tetapi juga memperhatikan prajuru-prajuru dan pengurus bendesa hingga Klian banjar.

"Kontribusi LPD Desa Adat Besan sudah sangat bagus dan memuaskan untuk desa adat. Dana pembangunan desa adat serta perhatian khusus untuk prajuru-prajuru dan pengurus bendesa hingga Klian banjar telah membawa dampak positif bagi kemajuan desa adat kita," ungkap Kurniawan.

Baca Juga: Program Simpanan Tahapan Jimpitan (SITAJI) Koperasi Agung Mandiri Gianyar Meraup Sukses

Setiap pelaksanaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) setiap tahunnya dihiasi dengan gebyar LPD, dimana 20 persen dari laba LPD diserahkan langsung ke desa adat untuk dana pembangunan. Kurniawan menyimpulkan bahwa LPD Desa Adat Besan sudah memberikan banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat.

Pengawasan terhadap LPD juga mendapat pujian dari Wakil Bendesa. Dukungan dari badan pengawas yang memiliki pengetahuan yang memadai tentang keuangan, serta partisipasi tokoh-tokoh masyarakat dalam pengawasan, telah menjaga keseimbangan dan kelancaran operasional LPD.

Baca Juga: LPD Desa Adat Besan Tetap Berinovasi Meski Dihadapkan pada Tantangan KUR

"Kondisi LPD saat ini sangat bagus, terlihat dari peningkatan laba yang signifikan sejak tahun 2022. Capaian laba mendekati Rp. 1 miliar menunjukkan kinerja yang sangat bagus," tambah Kurniawan.

Meski dihadapkan pada tantangan dari lembaga keuangan lainnya, seperti Bank, Koperasi, dan Bumdes yang sudah menjangkau lapisan masyarakat paling bawah, LPD Desa Adat Besan tetap kokoh dan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Kurniawan berharap agar masyarakat terus mendukung LPD dengan memberikan prioritas dalam melakukan pinjaman dan penyimpanan uang.

Baca Juga: BPR Sari Jaya Sedana Klungkung Membangun Inklusi Keuangan dan Peduli Kesehatan Masyarakat Desa Besan

"Dengan memberikan kontribusi nyata kepada desa adat dan masyarakat, LPD telah membuktikan diri sebagai lembaga keuangan yang dapat diandalkan. Saya menghimbau kepada masyarakat, walaupun ada banyak lembaga keuangan lain, utamakan LPD untuk pinjam dan menyimpan uangnya. Semoga LPD tetap jaya dan terus memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan Desa Adat Besan," pungkas Kurniawan dengan harapan tinggi.(Tim)

Editor : Lani