Undika Gelar Paskibra Festival 2024, Ajang Unjuk Kebolehan Paskibra se-Jatim

SURABAYA | ARTIK.ID - Universitas Dinamika (Undika) Surabaya menggelar ‘Paskibra Festival 2024’. Kegiatan yang berlangsung di Arena Prestasi, lantai 9 Gedung Undika ini merupakan kompetisi lomba PBB dan Kreasi Variasi tingkat Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. 

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pelaksana ‘Paskibra Festival 2024, Herdiansyah Dwi Saputra, kemudian dilanjutkan dengan prosesi kirab Piala Bergilir dari Gubernur Jawa Timur, Piala Bergilir Komandan KODIKLAT AL (Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL).

Baca Juga: Unitomo Surabaya Perkuat Kemitraan dengan Industri Melalui Program Praktisi Mengajar MBKM Batch 4

Dilanjutkan dengan Piala Bergilir Komandan Satuan Brimob Polda Jatim, Piala Bergilir Kapolrestabes Surabaya, Piala Bergilir Komandan Kodim 0831/Surabaya Timur. Tidak hanya itu, juga ada lebih dari 50 piala dan hadiah beasiswa pendidikan dari Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) yang telah disiapkan untuk para pemenang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya),  Budi Jatmiko, Emie Ismiatie, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Surabaya-Sidoarjo, Wakil Rektor II dan III, serta para tamu undangan dari Dansat Brimob, KODIKLAT AL, Kapolrestabes, Dandim, dan perwakilan dari tiap sponsorship yang telah mendukung Paskibra Festival 2024. 

Dalam sambutannya, Budi menyampaikan bahwa ajang Paskibra Festival 2024 ini menjadi wadah pengembangan kreativitas para siswa-siswi sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme peserta. “Ajang ini juga melatih kedisiplinan peserta, terutama disiplin waktu karena butuh waktu yang panjang untuk bisa menunjukkan performa yang terbaik.”, ujar Budi.

Sebanyak 47 tim paskibra tingkat SMP/MTs dan SMA/MK/MA dari berbagai kota di Jawa Timur, ikut berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam Paskibra Festival 2024. Peserta ada yang datang dari Pamekasan, Gresik, hingga Banyuwangi. 

Terdapat dua kategori yang dilombakan dalam kegiatan ini, yaitu PBB Perpang (Peraturan Panglima TNI) dan Kreasi Variasi. Untuk kategori lomba PBB Perpang akan dinilai langsung oleh tiga juri dari TNI, dua juri dari KODIKLAT AL yang bernama Serka (Mar) Anwar, Kapten Laut (KH) Nurhidayat serta satu juri dari KOGARTAP III Surabaya yang bernama Kapten (Inf) Bambang Sutejo.

Lalu, tiga professional yang menjadi juri di kategori lomba Kreasi Variasi adalah Ari Setiawan, Arinto Prihatmoko, dan Dony Kristiawan. Sistem penjurian dilakukan menggunakan digital, sehingga memudahkan para juri untuk memberikan poin kepada peserta.

Baca Juga: Menuju Kemandirian Pangan, Jember Luncurkan Pabrik Pupuk Organik ‘Si Jempol’

Kegiatan yang juga dibuka untuk umum ini diramaikan oleh beberapa aktivitas lainnya, seperti  food bazaar, expo campus, serta music & entertainment. Terdapat 13 tenant food bazaar yang menyediakan beraneka ragam hidangan dan minuman.

Lobby utama kampus diisi oleh pameran expo campus dari delapan program studi (prodi) yang ada di Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) yang masing-masing dari tiap prodi menunjukkan karya atau inovasi yang telah diciptakan.

Music & entertainment diisi oleh DJ Tepan yang berhasil mengembalikan semangat para peserta setelah mengikuti serangkaian perlombaan dengan jadwal yang cukup padat.

Setelah pertunjukan dari DJ Tepan, sesi yang paling dinanti para peserta pun tiba, yaitu sesi awarding. Sesi awarding ini menjadi jawaban dari kerja keras mereka selama mempersiapkan diri sebelum mengikuti lomba ini.

Baca Juga: Mahasiswa Demonstrasi Tolak Politik Dinasti di Universitas 17 Agustus 45, Surabaya

Hasil dari sesi awarding ini adalah penyerahan Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur yang dimenangkan oleh SMKN 12 Surabaya, yang sekaligus menjadi Juara Umum 1 tingkat SMA/MK/MA, dan untuk Juara Umum 1 tingkat SMP/MTs dengan Piala Bergilir KODIKLAT AL dimenangkan oleh SMPN 12 Surabaya. 

Kategori ‘Best Danton’ tingkat SMA/MK/MA dengan Piala Bergilir Komandan Satuan Brimob Polda Jatim diraih oleh SMKN 1 Buduran Sidoarjo, sedangkan kategori ‘Best Danton’ tingkat SMP/MTs dengan Piala Bergilir Komandan Kodim 0831/Surabaya Timur diraih oleh SMP Muhammadiyah 2 Surabaya (Tim B).

Untuk kategori ‘Best Kreasi’ tingkat SMA/MK/MA disabet oleh SMKN 12 Surabaya (Tim A) dengan membawa pulang Piala Bergilir Kapolrestabes Surabaya.

"Harapan kami, semoga dengan terlaksananya kegiatan ini bisa meningkatkan semangat nasionalisme anak muda sekaligus membawa dampak yang baik dalam pembentukan karakter para peserta, ujar Budi. (red)
 

Editor : Fudai