LPD Desa Adat Sibanggede Raih Sukses Tahun Buku 2023, Kontribusi Nyata untuk Kemajuan Desa Adat

BADUNG | ARTIK.ID - LPD Desa Adat Sibanggede, Kabupaten Badung, Bali, menggelar Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) tahun buku 2023 pada Minggu (28/1).

Hadir dalam acara tersebut Pemucuk LPD, I Nyoman Budiartha didampingi oleh I Nyoman Kari, Petengen LPD Sibanggede, beserta seluruh lembaga adat dan dinas terkait.

Baca Juga: Kontribusi Luar Biasa LPD Desa Adat Mendapat Apresiasi Kades Desa Penarungan

Dalam laporannya, Pemucuk LPD I Nyoman Budiartha menyampaikan bahwa LPD Sibanggede tetap stabil di tahun 2023. Aset lembaga meningkat sebesar 12,43 persen dari tahun sebelumnya, mencapai Rp42,2 miliar. Laba yang diraih juga meningkat, mencapai Rp920 juta.

"20 persen dari laba tersebut kami alokasikan untuk pembangunan Desa Adat, mencapai Rp184 juta," ujar Budiartha.

Baca Juga: Perayaan HUT LPD Desa Adat Penarungan ke-33: Lembaga Keuangan Terpercaya Aset Tembus Rp 89,6 Miliar

Keberhasilan LPD Sibanggede tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat yang menabungkan dananya di lembaga tersebut. Jumlah dana tabungan meningkat sebesar 10,5 persen dari tahun sebelumnya, mencapai Rp38,5 miliar.

"Kami sampai kewalahan untuk menyalurkannya karena banyaknya masyarakat yang menabung. Mudah-mudahan di tahun 2024 ini kita bisa menyalurkan kredit dengan lebih meningkat," ujar Budiartha.

LPD Sibanggede menargetkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan dibangunnya gedung baru. Selain itu, lembaga tersebut juga meluncurkan program kredit murah untuk usaha produktif, dengan bunga 0,65 persen dan plafon pinjaman maksimal Rp5 juta.

Baca Juga: Bendesa Desa Adat Kerobokan Hadiri Acara Donor Darah, Setetes Darah, Bermakna untuk Kehidupan

"Kami juga memiliki program kredit khusus untuk kremasi di Desa Adat Sibanggede dengan nilai maksimal Rp20 juta dan bunga 0,65 persen," ujar Budiartha.

Pemucuk LPD Sibanggede mengajak masyarakat untuk tidak ragu untuk menabung dan meminjam dari LPD. "Mari kita bangkitkan LPD ini secara bersama-sama," tutupnya. (lani)

Editor : Lani