Pengawas Koperasi Surya Mandiri Apresiasi Pencapaian yang Gemilang di Tahun Buku 2023

GIANYAR | ARTIK.ID - Koperasi Surya Mandiri (KSP) kembali mencatatkan pencapaian gemilang dan kinerja yang positif di tahun buku 2023, mendapatkan apresiasi tinggi dari Ketua Badan Pengawasnya, Ir. I Wayan Nasib. Penghargaan ini disampaikan pada Acara Rapat Koperasi yang berlangsung pada Senin, 22 Januari 2024, di Barong Celuk Sukawati Gianyar.

Sebagai Ketua Badan Pengawas, Ir. I Wayan Nasib menekankan perannya yang terfokus pada pengawasan apakah koperasi berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang No. 25 tahun 1992 tentang koperasi, serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) yang telah disepakati bersama anggota koperasi. Selain itu, Standar Operasional Prosedur (SOP) menjadi landasan utama untuk memastikan bahwa segala aspek koperasi dikelola dengan baik dan hati-hati.

Baca Juga: I Made Suranata, Calon Anggota DPRD Gianyar Optimis Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Dalam kesempatan tersebut, Nasib menyatakan kebanggaannya terhadap kinerja KSP Surya Mandiri yang mencapai nilai 82%, menurut laporan yang disampaikan. Meskipun dinilai sedikit lebih rendah dibandingkan dengan penilaian dinas yang mencapai 88%, Nasib menegaskan bahwa kinerja yang baik adalah hasil dari tata kelola yang sesuai dengan peraturan dan pedoman yang berlaku.

Ketua Badan Pengawas Koperasi Gianyar Ir. I Wayan NasibKetua Badan Pengawas Koperasi Gianyar Ir. I Wayan Nasib

Baca Juga: Desa Sidan Membuka I Career, Langkah Inovatif untuk Mensejahterakan Masyarakat

Nasib juga memberikan sorotan terhadap tantangan yang dihadapi oleh koperasi ke depan, terutama terkait dengan masalah modal, Sumber Daya Manusia (SDM), dan persaingan dengan kompetitor seperti lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan perbankan. Dalam mengatasi tantangan tersebut, Nasib menekankan pentingnya pengelolaan yang cermat dan kemampuan SDM yang memadai.

"Dengan pengelolaan yang baik dan memiliki SDM yang berkualitas, saya yakin koperasi ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat maksimal bagi anggotanya," ujar Nasib.

Baca Juga: KSU Banjar Tegalalang Pecahkan Rekor, Bekukan Aset Rp 38,2 Milyar dan SHU Rp 611,5 Juta

Ir. I Wayan Nasib juga menegaskan bahwa koperasi adalah entitas yang didirikan oleh anggota, dari anggota untuk anggota. Oleh karena itu, keberlanjutan koperasi harus selalu diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Harapannya, ke depan, KSP Surya Mandiri dapat terus memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup anggota serta menjadi pilar ekonomi yang tangguh di masyarakat setempat. (lani)

Editor : Lani