Prajurit Marinir Asah Ketajaman Tempur, Mahir Pandu Helly, Evakuasi Medis dan Logistik

NGAWI | ARTIK.ID - Guna mengasah dan mempertajam naluri tempur, prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir melaksanakan Latihan Triwulan I Pasmar 2 tahun 2024 materi Marshalling di daerah latihan Desa Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur.

Marshalling atau Pandu Helly merupakan salah satu materi penting yang harus dimiliki setiap prajurit Korps Marinir dalam memandu Bantuan Udara dalam rangka evakuasi medis atau drop logistik di medan operasi.

Baca Juga: Prajurit Wanita KRI Diponegoro 365 Terima Pembekalan Gender dari PBB di Lebanon

Dalam latihan tersebut, para prajurit dilatih untuk menyiapkan landasan pendaratan helikopter yang aman dan sesuai dengan prosedur.

Landasan pendaratan tersebut harus memenuhi beberapa syarat, yakni tanah lapang atau luas, permukaan tanah yang padat, tanah tidak berdebu atau becek, jauh dari tumbuhan tinggi, jauh dari tiang atau tegangan tinggi, dan kemiringan tanah maksimal 5 derajat.

Baca Juga: Muhammad Nadir Optimis Dispen Komar Sidoarjo Juara di Fin Swimming Selat Madura

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra, Senin (22/1) mengatakan, latihan Marshalling ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas operasi.

"Jika sang pilot tidak mengetahui atau mengenal medan, maka tim Pandu Helly yang menyiapakan landasan untuk tempat helly mendarat," ujar Letkol Marinir Roni Saputra.

Baca Juga: Prajurit Pasmar 2 Latih Renang di Selat Madura untuk Open Water Selat Madura Kasal Cup

Latihan Marshalling ini berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh seluruh prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir.

(red)

Editor : Fudai