Bulik Soima di Dlanggu, Ikfina Fahmawati Minta Warga Stop Susu dan Beralih ke Asi

Bupati Mojokerto jalankan program Bulik Soima di Dlanggu
Bupati Mojokerto jalankan program Bulik Soima di Dlanggu

MOJOKERTO | ARTIK.ID - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati terus menggencarkan program Tilik Deso Mirsani Masyarakat (Bulik Soima). Kali ini, Pelaksanaan Bulik Soima berlangsung di Dusun Seduri, Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu, pada Rabu, (17/1) pagi.

Program yang diinisiasi Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat.

Baca Juga: Bupati Ikfina Fahmawati Komitmen Sukseskan Sub PIN Polio dan Program SEHATI

Kegiatan Bulik Soima ini dipusatkan di salah satu rumah keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI.

Pada pertemuan kali ini, KPM juga menyuguhkan salah satu produk unggulannya, yakni berbagai olahan minuman jamu yang disajikan dalam bentuk kemasan.

Diikuti lebih dari 52 KPM, pada pelaksanaan Bulik Soima, Bupati Ikfina juga berkesempatan, memaparkan pentingnya menjaga kebersihan makanan untuk kesehatan.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa memasuki musim penghujan akan banyak lalat berterbangan. dimana lalat suka mencari tempat yang kotor, sehingga sangat berbahaya ketika lalat hinggap di makanan, karena lalat dapat memindahkan virus.

"Virus tersebut akan membuat kita menjadi sakit, dan salah satunya adalah diare," jelasnya.

Maka, untuk menghindari adanya lalat di area sekitar, Bupati Ikfina memberikan beberapa tips, seperti tidak membiarkan sampah menumpuk di rumah, karena bau busuk yang menyengat bisa menyebabkan lalat berdatangan.

"Lalat tersebut datang bukan karena penglihatannya yang tajam, namun karena penciumannya. Jadi semua yang berbau busuk akan menimbulkan banyaknya lalat berdatangan," ujarnya.

Selanjutnya, agar tidak lupa untuk selalu menutup makanan dan minuman. Seperti menggunakan tudung saji atau semacamnya.

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Gelar Senam Bersama dan Tasyakuran Ulang Tahun Ikfina Fahmawati

"Jadi gunakan tudung saji, dan contohnya seperti minuman jamu ibu-ibu ini harusnya ditutup, supaya lalat tidak hinggap di gelas," jelas Bupati Ikfina.

Selain itu, ketika anak mengalami sakit diare, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto mengimbau, agar orang tua berhenti memberikan susu. karena susu dapat membuat peradangan terhadap usus.

"Saat diare, perut tidak dapat mencerna susu dengan sempurna, dan akan membuat peradangan pada usus. Stop memberikan susu, kecuali asi. karena asi mengandung zat kekebalan tubuh," bebernya.

Sementara itu, untuk orang dewasa Bupati Ikfina menjelaskan, jika mengalami diare harus berhenti mengkonsumsi susu, santan, makanan berserat, dan makanan pedas. Ia juga menilai, untuk menanggulangi diare bisa melakukan puasa.

"Saat diare usus dalam tubuh mengalami peradangan, jadi perlu diistirahatkan, atau jika perlu buatkan larutan oralit yaitu gula dan garam, serta memang jika diare terus berlanjut harus segera diperiksakan ke dokter," ucapnya.

Baca Juga: Bupati Ikfina Gencarkan Program Bulik Soima, Dorong Peningkatan Gizi Balita dan KPM

Selain itu, untuk anak-anak mengalami diare, bisa diberikan teh manis dengan diberi sedikit garam.

Diakhir arahannya, Bupati Ikfina mengharapkan, para peserta KPM untuk terus semangat dan berusaha dalam menekuni usahanya. Ia juga berpesan agar selalu memantau harga yang ada dipasaran.

"Walaupun bersaing dengan pasar yang lebih murah, kita juga harus bisa membuat strategi dengan harga terjangkau namun kualitas yang dihasilkan tetap bagus," pungkasnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan Bulik Soima juga turut dihadiri Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto Try Raharjo Murdianto dan jajaran Forkopimca Dlanggu. 

(red)

Editor : Fudai