LPD Desa Adat Yehembang Catat Sejarah, Sukses Tutup Buku Tahun 2023 Dengan Laba 950 Juat Lebih

Penandatanganan serahterima aset tanah dan bangunan LPD ke Bendesa adat yehembang.
Penandatanganan serahterima aset tanah dan bangunan LPD ke Bendesa adat yehembang.

JEMBRANA| ARTIK.ID - Hari ini, Senin 15 Januari 2024, menjadi momen bersejarah bagi Desa Adat Yehembang, karena Lembaga Perkreditan Desa (LPD) mereka sukses melaksanakan Pengesahan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Tutup Buku tahun 2023. Acara tersebut digelar di halaman kantor LPD Desa Adat Yehembang dan dihadiri oleh ratusan krama desa yang tumpah ruah sampai ke jalan-jalan.

Pada acara tersebut, krama desa yang hadir tak hanya disuguhi laporan keuangan yang memuaskan, namun juga mendapat kejutan istimewa. Sebanyak 10 ton Lebih beras dibagikan kepada warga desa dengan menunjukkan tabungan, dengan setiap tabungan berhak mendapatkan jatah beras seberat 5 kg. Selain itu, acara dilanjutkan dengan undian tabungan, undian deposito, dan undian kredit yang menawarkan hadiah-hadiah menarik seperti kulkas, mesin cuci, kipas angin, setrika listrik, dan puluhan perabotan rumah tangga lainnya. Puncaknya, hadiah utama berupa satu sepeda listrik dan dua sepeda Motor Honda Beat turut memeriahkan acara tersebut.

Baca Juga: LPD Desa Adat Bualu Catat Capaian Positif, Aset Tembus Rp 497,3 Milyar

I Wayan Astawa, pemucuk LPD Desa Adat Yehembang, menyampaikan dalam laporan tutup buku tahun 2023 bahwa laba yang dicatatkan mencapai lebih dari 950 juta Rupiah. Dana pembangunan untuk Desa Adat Yehembang sebesar 20 persen dari laba, atau setara dengan Rp. 190.094.600, kini siap digunakan untuk kegiatan desa adat. LPD ini, sebagai aset desa, menjadi penunjang keuangan yang berharga dan berdaya guna.

Penyerahan Uang Tunai Untuk pembangan desa adat yehembang dari ketua LPD Ke Bendesa adat Yehembang sebesar Rp. 190.094.600Penyerahan Uang Tunai Untuk pembangan desa adat yehembang dari ketua LPD Ke Bendesa adat Yehembang sebesar Rp. 190.094.600

Baca Juga: LPD Desa Adat Megati Tutup Tahun dengan Pencapaian Positif, Aset Rp 3,5 Miliar

Astawa berharap dukungan masyarakat, terutama krama Yehembang, akan semakin meningkat di masa depan. "Kami berharap keuntungan semakin besar, dan keuntungan nantinya akan dibagi sesuai aturan, 20 persen untuk pembangunan desa adat," katanya.

Menariknya, kondisi LPD Desa Adat Yehembang disebut sehat menurut penilaian Kordinator LPLPD Jembrana, dengan nilai 94,72 persen. Pencapaian tersebut menempatkan LPD Yehembang di peringkat ke-8 dari 64 LPD di Jembrana. "Kondisi LPD yang sehat adalah hasil kerja keras seluruh tim, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Bapak Dewa Widiantara, Kordinator LPLPD Jembrana dalam sambutannya.

Baca Juga: Apresiasi Tenaga Kontrak, Bupati Tamba Naikkan Gaji dan Usulkan Formasi

Sebagai penghargaan atas prestasinya, LPD Desa Adat Yehembang menerima Sertifikat Penghargaan sebagai Juara 1 Lomba LPD Se-Jembrana yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas PMD. Pemerintah Kabupaten Jembrana juga memberikan apresiasi atas kontribusi LPD Yehembang dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.(lani)

Editor : Fudai