Festival KIM di Gedung Balai Pemuda, Cak Kartolo Tampil Kocak

SURABAYA | ARTIK.ID - Salah satu seniman ludruk terkenal di Surabaya, Cak Kartolo, tampil menghibur masyarakat dalam acara Pertunjukan Rakyat (Pertura) Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) 2023 yang digelar di Gedung Balai Pemuda - Alun Alun Surabaya, Jumat (27/10/2023).

Acara ini bertujuan untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024 yang akan datang. Cak Kartolo, yang merupakan legenda hidup ludruk dan penerima penghargaan Jer Basuki Mawa Bea Emas dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menampilkan kesenian ludruk yang sarat dengan humor dan kritik sosial.

Baca Juga: Petugas Amankan Sembilan Anak Pelaku Balap Liar di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, mengapresiasi peran KIM sebagai mitra pemerintah dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga menyebutkan beberapa persoalan sosial yang menjadi prioritas pemerintah, seperti kemiskinan, stunting, dan pernikahan dini.

"Kami berharap KIM bisa membantu menyelesaikan persoalan-persoalan ini dengan cara yang efektif dan kreatif," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya KIM untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Nyepi, Pemkot Surabaya Mendekorasi Balai Kota dengan Ogoh-ogoh

"Kami ingin anggota KIM tidak hanya bisa bersosialisasi dengan media konvensional, tetapi juga dengan media digital," ujarnya.

Festival KIM 2023 ini merupakan ajang penghargaan dan pameran bagi KIM terbaik dari seluruh Indonesia. Selain itu, festival ini juga menampilkan produk-produk UMKM lokal dari Jawa Timur dan Surabaya.

Baca Juga: Tidak Sesuai IBM, Satpol PP Surabaya Segel Lahan Bongkar Muat Sayur di Jl Pandegiling 137

KIM sendiri merupakan singkatan dari Komunitas Informasi Masyarakat, yang sebelumnya dikenal sebagai Kelompok Pendengar Pembaca Pemirsa. Perubahan nama ini mencerminkan perubahan model pengelolaan dan pembinaan KIM menjadi lebih digital dan profesional.

(diy)

Editor : Fudai