Menlu Rusia akan Bertemu Presiden Abkhazia, Bahas Isu Bilateral di Sochi

© Vyacheslav Prokofyev/TASS
© Vyacheslav Prokofyev/TASS

JAKARTA | ARTIK.ID - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan presiden dan diplomat tinggi Abkhazia serta presiden dan menteri luar negeri Ossetia Selatan di Sochi pada, Selasa (3/10), besok.

“Sochi akan menjadi tuan rumah pembicaraan bilateral terpisah dan negosiasi trilateral Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dengan Presiden Abkhazia Aslan Bzhania dan Menteri Luar Negeri Inal Ardzinba, serta dengan Presiden Ossetia Selatan Alan Gagloyev dan Menteri Luar Negeri Akhsar Dzhioyev,” kata Lavrov.

Baca Juga: Pasok Komponen Drone Shahed, Perusahaan Indonesia, Surabaya Hobby CV Kena Sanksi AS

Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, agenda pertemuan tersebut mencakup berbagai isu bilateral, regional, dan internasional yang mendesak.

Baca Juga: Panglima Ukraina Menentang Pengerahan Warga Perempuan Jadi Tentara Melawan Rusia

“Pembicaraan trilateral akan memberikan perhatian khusus pada upaya terkoordinasi dalam Diskusi Jenewa mengenai keamanan dan stabilitas di Kaukasus Selatan, yang merupakan platform unik untuk dialog yang mempertemukan para pejabat dari Abkhazia dan Ossetia Selatan, serta dari Georgia, Rusia dan AS. Serta diketuai bersama oleh UE, PBB, dan OSCE,” bunyi pernyataan Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia.

Para diplomat tinggi juga diharapkan menandatangani rencana konsultasi kementerian luar negeri tahun 2024-2025.

Baca Juga: Moskwa Tuduh, Tujuan Historis Barat untuk Menjadikan Ukraina Senjata Melawan Rusia

(diy)

Editor : Fudai