Presiden Jokowi Resmikan KCJB yang Diberinama WHOOSH

Presiden Jokowi Resmikan KCJB. Foto Setkab RI/ARTIK
Presiden Jokowi Resmikan KCJB. Foto Setkab RI/ARTIK

JAKARTA | ARTIK.ID - Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Senin (2/10/2023). Kereta dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam ini diberi nama WHOOSH.

Nama tersebut terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi itu, juga singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, sistem hebat.

Baca Juga: RUU ASN Resmi Jadi Undang-undang, Tidak Boleh Lagi Ada PHK Masal

KCJB merupakan hal baru bagi Indonesia sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam modernisasi transportasi massal di Tanah Air yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun dengan transit oriented development.

Foto Setkab RI/ARTIKFoto Setkab RI/ARTIK

Baca Juga: Jokowi Hadiri Acara Sewindu Proyek Strategis Nasional di Mal Kota Kasablanka

"Belajar dari pengalaman membangun kereta cepat ini, saya berharap segenap jajaran pemerintah tidak takut untuk belajar dan mencoba hal-hal baru dalam mengembangkan sejumlah proyek transportasi massal di Tanah Air," kata Jokowi.

Meskipun Presiden mengakui bahwa dalam prosesnya akan timbul hal yang tidak terduga, kesulitan, masalah, hingga ketidaksempurnaan.

Baca Juga: Kunjungan Kerja ke Jawa Barat, Jokowi Pakai Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Tetaplah bersemangat dan menerima kritik dari masyarakat sebagai bahan masukan dalam melakukan pembangunan di Tanah Air," pungkas presiden.

(diy)

Editor : Fudai