Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Remas Mujahidin Gelar LombaHadrah Albanjari

JEMBRANA | ARTIK.ID - Para peserta lomba Al Banjari Al Habsy menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri dan tampil di ajang ini. Mereka memperdengarkan tembang sholawatan yang indah serta melantunkan syair-syair penuh makna dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kompetisi ini menjadi ladang pengalaman serta kesempatan untuk mereka menambah wawasan dan keahlian dalam seni bernyanyi sholawatan, Sabtu (30/09).

Salah satu peserta dari Batalion Mekanis 741 Garuda Nusantara Sertu Roni Ribut mengaku telah melakukan persiapan selama satu bulan lamanya sebelum mengikuti kompetisi ini. Latihan rutin, baik vokal maupun musik, serta bimbingan dari guru dan pelatih, termasuk para Habib yang memberi ilmu dan dukungan moral, menjadi bagian penting dari proses persiapan mereka.

Baca Juga: Wabup Ipat Buka Festival Pemuda di Jembrana

"Mendapat dukungan dari kesatuan dan berbaur dengan masyarakat. Ini buktikan TNI manunggal bersama rakyat. Ikut memeriahkan gelaran lomba Al Banjari Al Habsy ini. Banyak warga yang hadir menonton dan memberi semangat kepada para kontestan. Hal ini menunjukkan betapa acara ini mendapat tempat di hati masyarakat sekitar," kata Roni.

Roni menambahkan, kehadiran salah satu peserta dari Kompi Mekanis Garuda Nusantara 741 dari Banjar Tengah, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara. Penonton begitu menikmati saat tampil dan tak sia-sia berlatih. "Yang utama juga kesempatan ini menjadi ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan antara para kontestan dan masyarakat sekitar," lugasnya.

Baca Juga: Caleg DPRD Provinsi Bali Dapil Jembrana No 1, Drs. H. Hud Muhammad Al Qadri SH MA, Senam Bersama

Sementara Ketua Panitia Lomba Hasby Al Banjari Masjid Muakahidin Rizal Helmi (19) tahun asli Loloan Barat tegaskan lomba Al Banjari Al Habsy yang diselenggarakan oleh remaja Masjid Mujahidin ini juga menjadi peluang bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan minatnya dalam seni bernyanyi sholawatan. Acara ini secara tidak langsung turut membantu dalam pembentukan karakter dan sikap religius yang positif di kalangan generasi muda.

"Melalui lomba ini, para remaja memiliki wadah untuk mengekspresikan diri serta belajar tentang nilai-nilai kebersamaan dan toleransi. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mengenalkan tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW kepada generasi selanjutnya agar terus melestarikan kegiatan yang baik ini," ucapnya.

Baca Juga: Bupati Tamba Serahkan Santunan Warga Meninggal Kecelakaan Kerja

Rizal menerangkan pula, melalui ajang lomba Al Banjari Al Habsy ini, para peserta merasa bangga dan senang karena berhasil menyampaikan tembang sholawatan dengan baik. Mereka yakin bahwa performa mereka mampu memberikan kesan positif pada penonton dan juri, serta menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya.

Lomba Al Banjari Al Habsy ini pun menunjukkan kompetisi yang ketat dan berkualitas yang ditunjukkan oleh para peserta. Para pemenang yang berhasil meraih juara 1, 2, dan 3 membawa pulang hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan," tuturnya. Rizal pun berharap semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi lomba serupa di masa mendatang serta terus mendorong semangat generasi muda dalam pengembangan seni dan kegiatan keagamaan. ( lani )

Editor : Fudai