MTs Almas'udiyah Sampang Simulasi Pemilu Bareng IPNU

avatar Artik News

SAMPANG | ARTIK.ID - Puluhan siswa MTs Almas’udiyah kembali melaksanakan rapat anggota pemilihan ketua komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Pramian , Desa Taman , Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang.

Pada momentum tersebut Terdapat 3 kandidat yang mencalonkan diri sebagai ketua IPNU untuk periode 2023 sampai 2024.

Baca Juga: Tiga Terduga Penadah Motor Curian di Waena Jayapura Diringkus Polisi

Para calon itu yakni, Moh. Hasan Abdilah, Abdilah Munajat dan M. Fattaul Faqih. ketiganya telah lolos mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) sebagai sarat pencalonan.

Kepala Madrasah MTs Almas’udiyah, Zainuddin Chair, dikonfirmasi, Rabu (13/09/2024) mengatakan, kegiatan tahunan tersebut sekaligus menjadi upaya menumbuhkan jiwa demokratis pada siswa.

“Melalui Pemilihan ketua komisariat IPNU ini, siswa dilatih untuk memiliki sikap demokratis sejak dini, artinya mereka juga belajar menerima keputusan akhir dari ketua terpilih” Ujarnya.

Zainuddin menuturkan, acara pemilihan tersebut berlangsung, Kamis (07/09/2023), lalu. Pada proses pemilihan ketua IPNU, setiap calon ketua juga dinilai kelayakannya berdasarkan prestasi, kreatifitas dan karakternya.

“Artinya siswa dilatih untuk belajar mempersiapkan diri dan berlomba meningkatkan kemampuan sebagai calon pemimpin yang siap secara intelektual dan karakter” papar Zainuddin.

Mirip seperti pemilihan kepala daerah, Pemungutan suara dilakukan pada tempat khusus (bilik) yang melibatkan seluruh siswa dan beberapa saksi.

“tidak hanya anggota IPNU, semua siswa diberikan Hak suara yang nantinya dihitung bersama-sama,” ungkapnya.

Baca Juga: Kepolisian Inhil Gagalkan Penyelundupan 70 Ribu Benih Lobster Senilai 14 Miliar

Pada penghitungan suara, Nama Moh. Hasan Abdilah memperoleh suara terbanyak yakni 57 suara, kemudian M. Fattaul Faqih sebanyak 47 suara, lalu Abdilah Munajat dengan total 14 suara.

Sehingga, Perolehan suara terbanyak menetapkan Moh. Hasan Abdilah sebagai Ketua IPNU periode 2023 sampai 2024 menggantikan Fian ferdiansyah.

Usai Terpilihnya Moh. Hasan Abdilah, suluruh siswa kandidat lainnya bersorak gembira dan menerima dengan senang

hal ini terlihat dari kemeriahan saling peluk antara siswa di Akhir perhitungan suara.

Senada dengan itu, Calon terpilih, Moh. Hasan Abdilah menyampaikan pidato dan visi misinya serta rencananya kedepan sebagai ketua terpilih.

Baca Juga: Pelaku Curanmor di Pasuruan Asal Desa Rabasan Sampang Diringkus Polisi

“Kedepan saya ingin membuat jadwal membersihkan halaman perkelas. Lalu membuat mading puisi pidato dan gambar hingga kali grafi sampai cerita pendek,” papar, Moh. Hasan Abdilah.

Dikesempatan yang sama , Moh.Hasan yang saat ini terpilih sebagai ketua, berharap dapat mendorong Terwujudnya pelajar bangsa yang bertakwa kepada Allah, Berahlakul karimah dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Guru guru selalu berpesan kepada saya dan teman teman , untuk menjadi karakter pelajar yang santun dalam bertindak, jujur dalam berfikir dan memiliki ide. Saya mau mewujudkan itu,” tutupnya.

(diy)

Editor : Fudai