Cabor Senam Porprov Jawa Timur 2023 Perebutkan Dua Emas Hari Ini

avatar Artik News
Technical Delegate Cabor Senam Porprov Jatim Indra Sibarani
Technical Delegate Cabor Senam Porprov Jatim Indra Sibarani

SIDOARJO | ARTIK.ID - Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII/2023. Pertandingan senam akan dimulai hari ini, Minggu (10/9/2023) di Mall Pelayanan Publik Sidoarjo.

Sebanyak 19 kota kabupaten akan berpartisipasi dalam pertandingan senam dengan mengirimkan 212 atlet. Mereka akan berkompetisi dalam 23 nomor yang terdiri dari senam artistik, senam ritmik, dan senam aerobik. Hari ini, dua medali emas akan diperebutkan di nomor beregu putra dan all around putra.

Baca Juga: Keluarga Almarhum Farhat Mika Rahel Minta Pertandingan Tetap Dilanjutkan

Tecnical Delegate cabor senam, Indra Sibarani mengatakan, ada penambahan dua nomor baru yaitu palang tunggal dan sejajar. Penambahan ini sesuai dengan ketentuan pertandingan cabor senam di Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Nomornya lebih banyak dan sesuai ketentuan lomba di cabor senam artistik putra 6 alat putri 4 alat, ritmik 4 alat, aerobik 4 nomor," ujar Indra.

Indra juga memprediksi bahwa peta persaingan cabor senam masih akan sama dengan edisi sebelumnya. Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kota dan Kabupaten Malang masih menjadi unggulan.

Baca Juga: Petinju Berbakat Asal Bondowoso Tewas dalam Pertandingan Porprov Jatim 2023

"Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kota Malang. Sepertinya itu yang masih akan mendominasi apalagi mereka sudah dipusatkan latihan di Gresik," tambahnya.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh daerah-daerah lain dalam mengembangkan cabor senam adalah biaya peralatan yang mahal. Pengprov Persani Jawa Timur sudah memberikan saran agar daerah-daerah tersebut bisa membuat pengadaan alat yang lebih sederhana.

Baca Juga: Porprov Jatim 2023, Surabaya Raih Emas di Cabor Anggar

"Sebenarnya mereka bisa mengadakan alat yang sederhana. Misalnya palang sejajar dibuat dari besi, ring digantung dibuat melingkar, ada pegangan. Palang tunggal bisa dibuat seperti restop," tutup Indra.

(red)

Editor : Fudai