Maringngerrang Ade, Mappasau Uddani Ri Tana Ajajiang, Segera di Cak Durasim

avatar Artik News

Salam Budaya...!

SURABAYA | ARTIK.ID - Indonesia dikenal sebagai pelaut yang tangguh, mereka dengan gagah berani mengarungi samudera yang luas hingga melintasi benua. Keberanian dan ketangguhan bangsa Indonesia sebagai pelaut itu telah dibuktikan oleh para "saudagar" Bugis-Makassar yang menyusuri kepulauan Nusantara. Ini merupakan tradisi orang Sulawesi Selatan sebagai pelaut-pedagang yang disebut "Passompe".

"Passompe" yang dikenal oleh orang Bugis Makassar adalah orang yang pergi merantau keluar dari Sulawesi baik ke Kalimantan, Jawa, Sumatera, Ambon,hingga ke Papua, yang mana setelah mereka kembali ke tana ogi (daerahnya) disebut lah Passompe yang dimaknai dengan perantau.

Pagelaran Passompe adalah Pagelaran kesenian dan kebudayaan yang diselenggarakan oleh "Ikami Sulsel" Cabang Surabaya.

Pagelaran ini menampilkan beberapa kesenian dan kebudayaan khas Sulawesi Selatan serta Teater yang bertemakan "PASSOMPE" yang akan dihelat di tanah rantau Kota Surabaya.

Selain sebagai bentuk melestarikan budaya Sulawesi Selatan, pagelaran seni dan budaya tersebut juga bertujuan untuk mengobati rasa akan kerinduan para perantau asal Sulawesi selatan yang ada di Surabaya.

Acara Festival Budaya tahun ini dikemas dengan sangat baik dan menarik pastinya.

Ingat tanggal kegiatannya:

Hari, Tanggal : Sabtu, 10 Juni 2023
Pukul : 13.00-21.00 WIB
Tempat : Gedung Cak Durasim Jalan Genteng Kali No.85 Kota Surabaya

So stay tune dan jangan lupa follow @passompe2023 untuk mengetahui informasi selanjutnya.

(diy)

Editor : Jabrik