Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Gelar Operasi Rubber Duck di Selat Madura

Foto From Dispen Kormar Surabaya
Foto From Dispen Kormar Surabaya

SURABAYA | ARTIK.ID -  Dalam rangka mendukung Latihan Operasi Lanjutan (Latopsla) Aspek Udara Wing 2 Puspenerbal, Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir menerjunkan satu tim Rubber Duck Operation (RDO) di Selat Madura, pada Selasa (9/7/2024).

Operasi ini dilaksanakan sebagai bentuk latihan penerapan tugas pokok Batalyon Intai Amfibi Marinir, baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Baca Juga: Tim Seven Marine FC Menang Telak 2-0 atas AS 7 FC di Ajang Mini Soccer TNI AU El Tari

Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir, Letkol Marinir Sandi Varikta mengatakan, dalam skenario latihan, prajurit Yontaifib 2 Marinir menggunakan metode RDO untuk mengevakuasi korban bencana alam di laut dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: Brigjen TNI Mar Joni Sulistiawan Pimpin Upacara Sertijab Empat Jabatan Strategis di Lantamal V

Dia menjelaskan, bahwa bahwa Rubber Duck Operation kali bertujuan untuk memproyeksikan kekuatan dari udara ke darat melalui laut.

"Prajurit diterjunkan dengan menggunakan perahu karet yang diangkut dengan pesawat untuk menjangkau lokasi bencana yang sulit diakses," ungkapnya.

Baca Juga: Cari Bibit Tangguh, Batalyon Infanteri 3 Marinir Gelar Lomba Renang di Kolam Tirto Sagoro

Lebih lanjut Letkol Sandi Varikta menekankan pentingnya latihan berkelanjutan untuk mempertajam kemampuan dan keterampilan dalam bidang penerjunan. (diy)

Editor : Jabrik