Warga Gondang Senduro Kabupaten Lumajang Gelar Sedekah Dusun

LUMAJANG | ARTIK.ID - Warga Dusun Gondang, Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang menggelar tradisi bersih-bersih dusun atau Sedekah Dusun, yang dilaksanakan, Senin (8/7/2024) sore.

Kegiatan bersih desa sampai saat ini masih banyak ditemui dilingkungan masyarakat, ini merupakan tradisi Sedekah turun temurun yang dilaksanakan oleh warga, seperti halnya warga Dusun Gondang.

Baca Juga: Dirjen PSLB3 Beri Fasilitas Pengolahan Sampah pada 5 Daerah Terpilih di Indonesia

Ratusan warga memadati jalanan yang dilalui arak arakan Jolen atau Sesaji, yang merupakan hasil pertanian warga masyarakat Dusun Gondang, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Bahkan berbagai hasil bumi warga di hias dibawa arak arakan, sehingga berbagai kreasi arak arakan menjadi daya tatik tersendiri.

Sekretaris Desa Burno Heri Nurhandoyo mengungkapkan ini agenda tahunan, dimana masyarakat melaksanakan sedekah atau bersih dusun dengan tujuan hasil pertanian atau hasil buminya dapat melimpah ruah.

“Kami berharap kegiatan ini bisa dipertahankan, yang sudah berjalan 5 tahun baik itu di tingkat dusun maupun desa, ini akan dilaksanakan di 6 dusun lainnya juga.” ujarnya.

Baca Juga: PLN Pulihkan 134 Gardu Listrik di Lumajang, Setelah Dilanda Banjir dan Longsor

Heri Nurhandoyo juga menyebutkan, bersih dusun ini masyarakat mensyukuri hasil bumi yang ada dan digambarkan melalui apanya jolen yang diarak beramai-ramai.

“Arak-arakan ini dimulai dengan prosesi iring-iringan tari tradisional khas Lumajangan,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dusun Gondang Kertonadi yang menyebutkan, kegiatan Sedekah Dusun ini dilaksanakan pada bulan Suro, ini merupakan sedekah, dimana masyakarat setiap bulan Suro diajak sedekah, melalui upacara kirap, arak arakan jolen.

Baca Juga: Selain di Pronojiwo Tewaskan 1 Keluarga, Longsor Juga Terjadi di KM 59 Piket 0

“Kegiatan ini sudah menjadi tradisi tahunan warga Dusun Gondang yang harus dilaksanakan dari RT 01 sampai RT 08,” ungkapannya.

Kertonadi berharap dengan kegiatan ini kerja warga menjadi lancar, rezeki melimpah ruah, dan dikasih seger waras jadi ini memang sudah adat yang setiap tahunnya dilaksanakan warga.(win)

Editor : Mohammad