Gulkarmat DKI Melakukan Simulasi Penyelamatan di Pameran Jakarta Tangguh

JAKARTA | ARTIK.ID - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta meriahkan acara Pameran Jakarta Tangguh bertema "Aksi Bersama Mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global Tangguh Bencana".

Dalam kesempatan ini, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, turut menampilkan simulasi teknik penyelamatan, seperti penyelamatan dalam air (water rescue) dan penyelamatan di ketinggian (vertical rescue), berkolaborasi bersama Basarnas, Vertical Rescue Indonesia, Pengelola Gedung Seasons City, Squad PBI, Human Initiative, dan BPBD yang bertindak sebagai penyelenggara acara.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, Sabtu (15/6), mengatakan, adapun tim yang diterjunkan sebanyak 4 personel untuk water rescue, 3 personel untuk vertical rescue, dan 1 unit medium rescue beserta 4 personel. Selain itu, terdapat penampilan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) sebanyak 12 orang, 1 unit light rescue dan 2 personel, serta Fire Band.

"Pameran Jakarta Tangguh ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya persiapan dan kesiapan dalam menghadapi bencana, sekaligus memperkuat sinergi antar lembaga dalam upaya menjadikan Jakarta sebagai kota yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman bencana," pungkasnya.

Editor : Jabrik