PLN Mengajar Goes to Polines: Kolaborasi Berbagi Ilmu, Cerdaskan Generasi Muda

JAWA TENGAH | ARTIK.ID - PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta (UP2B Jateng & D.I. Yogyakarta) berbagi ilmu tentang Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) pada Sistem Tenaga Listrik di Politeknik Negeri Semarang (Polines). Selain berbagi ilmu, kegiatan ini menjadi ajang mengenalkan PLN khususnya terkait sistem kelistrikan di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Mahasiswa menyambut dengan antusias dan aktif berdiskusi dengan narasumber untuk memperkaya wawasan tentang sistem automasi Gardu Induk. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mengenal PLN khususnya terkait sistem kelistrikan di Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta.

Baca Juga: PLN UIT JBM Berkomitmen Melayani Pelanggan dengan Optimal

Pada kesempatan ini PLN menyampaikan dukungannya terhadap transisi energi di Indonesia, diantaranya pengembangan ekosistem Electric Vehicle (EV). PLN berharap Polines dapat menjadi salah satu civitas akademi yang mampu menjadi rujukan tentang pengembangan teknologi tersebut.

Yusnan Badruzzaman, ST, M.Eng., dosen Teknik Elektro Polines mengapresiasi adanya program PLN Mengajar ini dan menyampaikan terima kasih berkat adanya program PLN Mengajar di Polines yang dapat memberikan pandangan serta wawasan mahasiswa terhadap pola sistem kelistrikan yang dikelola oleh PLN.

"Terima kasih PLN, dengan adanya program PLN Mengajar di Polines memberikan pandangan serta wawasan mahasiswa kami terhadap pola sistem kelistrikan yang dikelola oleh PLN." ucap Yusnan, Kamis(13/6/2024).

Baca Juga: PT PLN Kembangkan Sentra Wisata Durian Khas Banyuwangi di Desa Songgon

Muhammad Husni Mubarak selaku Asisstant Manager Fasilitas Operasi UP2B Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta dan narasumber mengajak para mahasiswa generasi muda untuk memperluas wawasan agar dapat menghadapi tantangan masa depan.

"Sebagai generasi muda, mari bersama memperkuat wawasan global, untuk terus mengembangkan kompetensi dan kapabilitas, serta memperbanyak networking dengan berbagai kalangan." ungkap Husni.

Baca Juga: PLN NP Unit Gresik Sabet Green Building dengan Peringkat Emas

Di tempat yang berbeda, Munawwar Furqan selaku General Manager PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali (PLN UIP2B JAMALI) menyampaikan bahwa melalui PLN Mengajar ini diharapkan kedua belah pihak baik mahasiswa maupun narasumber bisa sama-sama belajar mendapatkan insight baru agar dapat dikembangkan untuk menciptakan hal-hal baru yang lebih bermanfaat.

“Ilmu akan terus berkembang, diharapkan melalui program PLN Mengajar ini kedua belah pihak mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang baru serta dapat tercipta ide dan karya inovasi yang bermanfaat," tutup Munawwar. (mad)

Editor : Mohammad