Sidak Menteri ATR BPN ke Tapos menjadi Berkah dan Harapan Program Ketahanan Pangan Kota Depok

DEPOK | ARTIK.ID - Dalam langkah penting untuk memperkuat ketahanan pangan dan memberdayakan masyarakat, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri undangan dadakan dan turut serta dalam penanaman perdana bawang merah di Depok, Kamis (6/6/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari program sinergitas urban farming yang diinisiasi oleh Kodim 0508/Depok.

Agenda Menteri ATR/BPN meninjau secara langsung proses pengukuran tanah yang dilakukan oleh Kantor BPN Kota Depok di Tapos Depok berlanjut dengan kunjungannya ke Lahan Urban Farming Kota Depok dalam rangka Program Ketahanan Pangan Nasional di Depok.

Baca Juga: Viral 'All Eyes on Papua', AHY Komitmen Jaga Kehormatan dan Kesejahteraan Papua

Hal ini dijelaskan Dandim Depok, Kolonel Iman, setelah mengucapkan terima kasih kepada Menteri ATR BPN bahwa selama ini telah banyak dibantu Indra Gunawan, Kepala Kantor BPN Kota Depok dalam identifikasi lahan-lahan tidur yang berpotensi dijadikan target perluasan areal tanam di Depok.

"Sebagai salah satu contohnya yang saat ini telah dibuka di depan Mall Pesona Square. Iman mendapatkan keterangan jelas kemana harus bekerjasama pada saat proses perijinan pembukaan calon lahan," tutur Kolonel Iman.

Acara yang digelar di lahan seluas 1,8 hektar di depan Mall Pesona Depok ini dihadiri oleh berbagai pihak diantaranya Forkopimda, Kelompok Tani Sukma Jaya Tangguh, Komunitas Kampung Kita Depok (K3D), serta jajaran eksekutif dan legislatif kota Depok.

"Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan lahan tidur menjadi lahan produktif guna mendukung ketahanan pangan lokal dan keberlanjutan lingkungan," kata Kolonel Iman.

Baca Juga: Kuatkan Ketahanan Pangan, Menteri ATR/BPN AHY Tanam Bawang Merah Pertama di Lahan Urban Farming Kodim 0508/Depok

Kegiatan yang sejatinya adalah Komsos antara Kodim 0508/Depok dengan Aparat Pemerintahan Kota Depok ini menjadi spesial saat Menteri AHY berkenan memenuhi undangan dadakan yang disampaikan Dandim Depok pada saat Pengamanan Kegiatan Menteri ATR di Depok.

Dalam sambutannya, AHY menyampaikan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mendukung penuh pemanfaatan lahan tidur agar dapat ditanami, tidak hanya di Depok ini namun juga di seluruh Wilayah NKRI.

"Saya sangat mendukung Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan Pemerintah dengan leading sector Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI. Kita harus mengoptimalkan setiap jengkal lahan tidur untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Urban farming ini adalah salah satu solusi terbaik untuk menciptakan ketahanan pangan di masa depan. Serta mengantisipasi perubahan iklim global yang menjadi ancaman krisis pangan," papar AHY.

Baca Juga: BPN Kota Depok Bedah Keuntungan Pemetaan Geospasial 3D

Senada dengan itu, Kolonel Iman menambahkan, pihaknya sangat bangga bisa menginisiasi program urban farming, tidak hanya meningkatkan ketahanan pangan, program tersebut juga memperkuat sinergi antara masyarakat dan pemerintah.

Pakde Bowo, seorang petani dari Kelompok Tani Sukma Jaya Tangguh, dalam testimoni mengatakan, dirinya sebagai petani, sangat terbantu dengan adanya program ini.

"Kami dapat memanfaatkan lahan tidur dan berharap menghasilkan panen yang bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung," kata Pakde Bowo. (red)

Editor : Mohammad