Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024, Khofifah Indar Parawansa Sebut Jatim Sumbang Nominasi Terbanyak

SURABAYA | ARTIK.ID - Lolosnya 12 Desa Wisata asal Jatim dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024, menjadi kabar yang menggembirakan bagi seluruh warga Jawa Timur. Pasalnya Jawa Timur menjadi provinsi dengan penyumbang jumlah desa wisata terbanyak dalam ajang tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Muslimat NU yang sekaligus calon Gubernur Jawa Timur 2024 Khofifah Indar Parawansa dalam akun Facebuknya, Minggu (26/5)

Baca Juga: Khofifah Dorong UMKM 'Go Global' Lewat Digitalisasi Platform E-commerce

Dirinya mengatakan, diantara provinsi lainnya. Di bawah Jatim ada Sulawesi Selatan dengan 10 desa wisata, dan Sumatera Barat dengan 9 desa wisata yang lolos di tahapan 100 besar,

12 desa asal Jawa Timur tersebut masing-masing Desa Wisata Bahari Nglebeng Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Masaran Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Sidomulyo Kabupaten Kediri, Desa Wisata Keling Kabupaten Kediri, Desa Wisata Sempu Kabupaten Kediri, Desa Wisata Poncokusumo Kabupaten Malang.

Selanjutnya yakni Desa Wisata Dewi Anom Kabupaten Malang, Desa Wisata Adat Osing Kemiren Kabupaten Banyuwangi, Desa Wisata Sumberwringin Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Desa Wisata Kare Kabupaten Madiun, Desa Wisata Gunungsari Kabupaten Madiun dan Desa Wisata Punten Kota Batu.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Bertemu Presiden Jokowi Serahkan Konsep Indonesia Maju 2034

"Alhamdulillah, ini kabar gembira yang patut kita syukuri. Desa-desa di Jatim yang masuk dalam nominasi membuktikan bahwa desa tersebut memiliki daya tarik, keunikan, sekaligus potensi, baik ekonomi, budaya maupun keindahan alam," ungkap Khofifah.

Sebagaimana diketahui, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah memasuki babak 100 besar. Desa-desa wisata yang masuk babak 100 besar itu diumumkan langsung oleh Kemenparekraf melalui akun media sosial official ADWI @anugerahdesawisataindonesia.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Merapat ke Golkar Jatim, Siap Bersinergi Tanpa Mahar untuk Menangkan Pilgub

"Selanjutnya kita berharap seluruh desa tersebut masuk dalam nominasi 50 besar ADWI 2024 sehingga semakin mampu meningkatkan daya ungkit bagi ekonomi desa," imbuh Khofifah.

Desa wisata menjadi kekuatan Jawa Timur dalam mendongkrak ekonomi mulai dari level terkecil. Keberadaan Desa Wisata juga mampu membuka banyak lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat desa. (red)

Editor : Jabrik