Ketua PCNU Pamekasan, KH Taufik Hasyim Serukan Rekonsiliasi Pasca Pemilu Tahun 2024

PAMEKASAN | ARTIK.ID - Ajang Pemilu 2024 sejatinya telah selesai pada 14 Februari yang lalu, namun riak dan efek yang ditimbulkan masih terasa hingga saat ini. "Ekor" dari pesta akbar demokrasi tersebut yang berupa isu dan intrik politik demi kepentingan kelompok tertentu sangat meresahkan karena berpotensi menimbulkan polarisasi di tengah masyarakat tidak terkecuali di Jawa Timur khususnya Kabupaten Pamekasan.

"Rangkaian Pemilu Tahun 2024 saya rasa sudah selesai, namun konsekuensi demokrasi akibat perbedaan pilihan terlihat masih dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk memperkeruh suasana di masyarakat dan saya pribadi mendorong gerakan konsolidasi - rekonsiliasi untuk persatuan kembali" ucap K.H. Taufik Hasyim, yang merupakan Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Pamekasan.

Baca Juga: Tabrakan Minibus Lawan Truk di Larangan Pamekasan, Kendaraan Ringsek

Dalam kesempatan tersebut, K.H. Taufik Hasyim menyampaikan, agar masyarakat tidak fanatis secara berlebihan terhadap pilihannya pada Pemilu kemarin dan mengingatkan kembali bahwa jangan terperangkap pada suasana politik secara terus menerus. 

"Saya mengingatkan kepada masyarakat agar memilah setiap informasi, tidak menjadi fanatik buta dan hanya terperangkap pada narasi politik yang tidak berkesudahan apalagi merasa paling benar sendiri karena sejatinya kebenaran hanya milik Tuhan Yang Maha Esa Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ungkapnya.

Berkaitan dengan rangkaian proses Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dirinya mengimbau untuk mengawal dan menghormati apapun nantinya keputusan yang dubuat oleh Mahkama Konstitusi (MK) RI.

Baca Juga: Kasus Pemukulan di Pamekasan, Paman Ngarang Cerita Palsu pada Kepolisian

"Negara kita adalah negara hukum maka marilah kita bersama mengawal suara rakyat secara baik dan benar tanpa saling menjatuhkan maupun menggunakan cara yang tidak benarkan secara hukum ataupun agama," imbuhnya. 

K.H. Taufik Hasyim juga berpendapat bahwa rangkaian kegiatan Pemilu Tahun 2024 hingga saat ini berjalan secara aman, damai dan lancar sehingga patut diberikan apresiasi kepada seluruh stake holder yang terlibat di dalamnya. 

"Tentu saya tidak lupa mengucap terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pemilu Tahun 2024 baik dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri serta instasi ataupun lembaga lain yang turut mensukseskan jalannya pesta demokrasi," pungkasnya.

(red)

Editor : Jabrik