Tak Peduli Peringatan AS, Presiden Xi Jinping Tetap Kunjungi Rusia

Artik

JAKARTA | ARTIK.ID - Pemimpin tertinggi Tiongkok, Presiden Xi mwngatakan bahwa Tiongkok tegas dalam mengejar arahnya menuju penguatan kerja sama strategis dengan Rusia

Selama pertemuan di Moskow dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Xi Jinping pertegas akan membina hubungan bilateral dengan Rusi.

Baca juga: Penggemar Jokowi, DPW PAN Aceh hingga Papua Ucapkan Terimakasih Secara Langsung di Istana Negara

"Itu adalah pilihan strategis Beijing," ujar Presiden Xi.

Hal serupa juga disampaikan Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs resminya, Selasa (21/03/2023)

“Untuk mengkonsolidasikan dan mengembangkan hubungan China-Rusia dengan baik adalah pilihan strategis yang dibuat China atas dasar kepentingan fundamental dan tren yang berlaku di dunia,” kata MFA China.

Hal itu senada dengan pernyataan yang dibuat Xi selama pertemuan informal bersama Putin. Xi juga mencatat bahwa China tegas dalam mengejar arah menuju penguatan kerja sama strategis dengan Rusia.

Baca juga: Hadir di Annual Leaders Meeting, Jokowi Sampaikan Prioritas Kerja Sama

Kedua presiden melakukan pertukaran pendapat yang mendalam tentang Ukraina. Menurut pemimpin China, sebagian besar negara mendukung pelonggaran ketegangan, mendukung pembicaraan damai dan menentang pengiriman senjata ke Ukraina oleh Nato dan sekutunya.

"Mengirim senjata ke Ukraina sama dengan menyiram minyak ke kobaran api," tambah Kementerian Luar Negeri China.

Xi meyakinkan Putin bahwa China akan terus memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan penyelesaian politik terkait masalah di Ukraina.

Baca juga: Berkunjung ke Beijing, Antony Blinken Akhirnya Bertemu Presiden Xi Jinping

Diketahui Presiden Xi tiba di Rusia pada Senin kemarin, lawatan Presiden Xi ke Rusia akan berlangsung selama tiga hari.

(diy)

Editor : Fuart

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru