34 Warga Mengungsi Akibat Banjir Rob di Kepulauan Riau

Artik

JAKARTA - Bertepatan dengan hari pahlawan 10 November kemarin, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau direndam banjir, akibatnya 34 jiwa mengungsi ke rumah kerabat mereka yang tidak terdampak, Rabu (10/11/2021) 

Dilansir dari laman BPBD, Kejadian ini dipicu oleh terjadinya gelombang pasang air laut disertai hujan angin pada Rabu (10/11) Pukul 05.45 WIB. 

Baca juga: Banjir Rendam 1.547 Rumah di Dua Kecamatan Gorontalo, 350 Jiwa Mengungsi

Banjir yang ini melanda tiga kecamatan yakni Desa Pekajang di Kecamatan Lingga, Kelurahan Senayang di Kecamatan Senayang. Lebih lanjut Desa Jagoh, Desa Marok Tua, Desa Tanjung Irat di Kecamatan Singkep Barat. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga mencatat kerugian material akibat kejadian tersebut yakni 6 unit rumah mengalami rusak berat, 9 unit rumah rusak ringan, dan 1 akses penghubung menuju dermaga berupa jembatan harus terputus. 

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lingga terus melakukan update mengenai pendataan dan berkoordinasi dengan perangkat desa guna melakukan penanganan pengungsi.

Baca juga: Banjir Melanda Tanggungharjo dan Penawangan, 250 Lebih Rumah Terendam

Ditengah masuk musim penghujan akibat fenomena La Nina, BNPB mengingatkan masyarakat dan pemerintah setempat untuk saling bersinergi dalam hal mitigasi potensi bencana hidrometeorologi basah. 

Mitigasi bencana dapat dilakukan dengan cara membuat dan menyediakan daerah resapan air, membersihkan saluran air bagian hulu, memantau ketinggian debit air di sekitar Daerah Aliran Sungai 

Baca juga: Hujan Lebat di Mandaling Mengakibatkan Banjir, Puluhan Korban Mengungsi

(DAS).

 

Editor : Fudai

Peristiwa
10 Berita Teratas Pekan Ini
Berita Terbaru