Kodam V Brawijaya Jalankan Program Pendampingan dan Percepatan Stunting

SURABAYA | ARTIK.ID - Staf Teritorial Kodam V Brawijaya menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos)  dengan Keluarga Besar TNI yang bertemakan “Sinergitas Tni AD dan Keluarga Besar TNI Siap Mewujudkan Pertahanan yang Tangguh Untuk Indonesia Maju”, di Aula Makodam V Brawijaya, Jl. R. Wijaya No.1 Sawunggaling, Wonokromo - Surabaya, Selasa (07/05).

Dalam sambutannya, Aster Kasdam V Brawijaya, Kolonel Inf Heri Bambang Wahyudi, mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran para Pengurus Daerah Provinsi Jatim Organisasi KB TNI dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: 126 Calon Prajurit TNI-AD Gelombang Satu Siap Tempur Usai Lewati Materi Ketat

“Sebagai bagian dari Keluarga Besar TNI, saya sungguh berharap agar dengan kegiatan ini, hubungan kebersamaan dan suasana kekeluargaan serta semangat  persatuan dan kesatuan di antara kita dapat terus dipelihara dan ditingkatkan di masa yang  akan datang,” ungkapnya.

Aster menyampaikan program-program unggulan Bidang Teritorial yang akan dijalankan TNI AD dan Kodam V Brawijaya khususnya di sepanjang tahun 2024 ini, antara lain:

1. TNI Manunggal Air.

2. Ketahanan Pangan.

3. Bersatu Dengan Alam.

4. Pendampingan dan Percepatan Stunting.

5. Renovasi Rumah Tidak Layak Huni dan MCK.

6. Pembersihan Lingkungan.

Baca Juga: Satgas Batalyon Infanteri 432 Hadir ke Distrik Dal, Lanjutkan Program Papua Pintar

“Semua kebijakan dan program unggulan ini mustahil akan dapat berjalan tanpa bantuan bapak-ibu sekalian, untuk itu kami berharap mari kita bersama-sama bersinergi serta berperan aktif dalam mensukseskan agenda mulia ini, agar tujuan dan cita-cita nasional yaitu bangsa Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat dapat terwujud,” paparnya.

Aster menambahkan, bahwa bangsa Indonesia saat ini dan di masa depan akan terus menghadapi berbagai persoalan dan tantangan yang terkadang mengancam keutuhan dan kedaulatan negara. 

“Salah satu contohnya yaitu ancaman radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa seperti yang telah terjadi di berbagai negara,” imbuhnya. 

Maka dengan memanfaatkan perangkat teknologi digital saat ini, banyak yang melakukan modifikasi informasi, sehingga mampu mengubah kesadaran sosial yang bekerja melalui media sosial. 

Oleh karena itu, untuk menghadapi fenomena tersebut Keluarga Besar TNI dan TNI  AD, diharapkan terus menjadi pioneer dan motivator bagi komponen bangsa lainnya untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara. 

Baca Juga: Bedah Buku "Diplomasi Sang Hiu Kencana" Bahas Hubungan Indonesia di Asia Tenggara

“Pada momen silahturahmi yang membahagiakan ini saya mengajak kita semua, Keluarga Besar TNI, baik yang masih aktif maupun purna tugas beserta keluarganya, untuk senantiasa menjadi contoh dan teladan bagi organisasi-organisasi di luar KB TNI, khususnya dalam menjaga Pancasila dan NKRI. Kami di TNI Angkatan Darat, juga terbuka untuk saran dan masukan yang konstruktif dari segenap KB TNI bagi kemajuan dan keberhasilan tugas TNI Angkatan Darat,” pungkasnya.

Pada kegiatan Komsos dengan KB TNI ini dihadiri oleh 100 orang peserta dari para Ketua dan Pengurus DPD PEPABRI, PPAD, LVRI, PIVERI, PERIP, KB FKPPI, GM FKPPI, HIPAKAD, PPM, Dharma Pertiwi dan Unit Korpri Provinsi Jatim.

Kegiatan-kegiatan yang dihadirkan oleh TNI AD, merupakan wujud implementasi dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang sudah dibangun oleh para pendiri Bangsa.

(red)

Editor : Jabrik