Menjawab Tantangan Era Digital, Dr. Harliantara: Fikom Unitomo Tawarkan Kompetensi The Real Media

Dekan Fikom Unitomo, Dr. Harliantara saat menghadiri Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Oakwood Hotel Surabaya. Foto: Fuday/ARTIK.ID
Dekan Fikom Unitomo, Dr. Harliantara saat menghadiri Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Oakwood Hotel Surabaya. Foto: Fuday/ARTIK.ID

SURABAYA | ARTIK.ID - Dalam mengghadapi tantangan di era digital yang yang semakin kompleks, Dekan Fikom Unitomo, Dr. Harliantara, M.Si mengatakan, Fikom Unitomo telah melakukan terobosan baik di bidang disiplin keilmuan maupun jejaring atau relasi.

Hal itu disampaikan Dr. Harliantara saat menghadiri Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Oakwood Hotel Surabaya, Jumat (3/5/2024) lalu.

Baca Juga: Fikom Unitomo Angkatan 2021 Gelar "Surabaya Coffee Fest" di Balai Pemuda Surabaya

Baca Juga: Fikom Unitomo Angkatan 2021 Gelar "Surabaya Coffee Fest" di Balai Pemuda Surabaya

Dirinya memaparkan, meskipun era telah berubah semakin canggih, namun pada prinsipnya dalam mencari dan memperoleh berita masih sama.

Akan tetapi untuk menjawab tantangan di mana internet sudah mengambil alih kebutuh di dunia informasi, maka disiplin ilmu komunikasi perlu banyak beradaptasi.

"Untuk itu dalam dua tahun kepeminpinan saya, Fikom Unitomo telah merekrut praktisi media dan wartawan senior untuk menunjang kompetensi mahasiswa," ungkapnya.

Di samping itu, Fikom Unitomo juga telah didukung oleh 5 Lab yakni radio, fotografi, televisi, multimedia dan podcast yang memungkinkan Mahasiswa cepat melakukan adaptasi.

Baca Juga: Polri Gandeng Mahasiswa Jatim Jaga  Pemilu 2024 Damai dan Aman

"Saat ini Fikom Unitomo telah memiliki 6 Doktor, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa membuka kelas untuk S3," paparnya

Tidak hanya itu, dalam rangka mempersiapkan lulusan yang memiliki daya saing Mahasiswa juga dibekali untuk bagaimana agar mereka bisa mengelola media online.

Fikom Unitomo berdiri sejak 1993, menjadi salah satu Fakultas tertua yang ada di Indonesia bagian timur setelah Kampus Ngeri Unpad

"Kita udah memiliki ribuan lulusan yang tersebar di berbagai media massa, cetak maupun online, sebagai relasi yang bisa membantu lulusan Fikom Unitomo," ujar Dr. Harliantara.

Baca Juga: Unitomo dan BKKBN Teken Kerja Sama Turunkan Stunting di Jatim

Pendaftaran unitomo untuk 2024-2025 sudah dibuka, baik yang reguler maupun profesional. Fikom sendiri memiliki dua jurusan, yakni Korporat Communication dan Media Studies.

"Jadi teman-teman wartawan yang mau melanjutkan kuliah monggo. Fikom Unitomo menawarkan keahlian kompetensi yang the real media," pungkasnya.

(diy)

Editor : Jabrik