Khofifah Indar Parawansa Sebut Bank Sampah Jadi Solusi Wujudkan Lingkungan Sehat

@Khofifah Indar Parawansa
@Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA | ARTIK.ID - Pengelolaan sampah sangat penting untuk memenuhi lingkungan yang lebih sehat dalam msyarakat. Hal itu disampaikan Khofifah Indar Parawansa di Akun Facebooknya, dalam menanggapi momentum Hari Internasional Tanpa Sampah yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2024 

"Saya mengajak semua elemen masyarakat untuk lebih aware dalam mengelola sampah mulai dari diri sendiri, dari rumah masing masing," ujarnya, Sabtu (30/3).

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Dorong Koperasi Terus Beradaptasi dengan Ekonomi Digital

Dia memaparkan, salah satu yang bisa dilakukan dalam rangka mendukung Hari Internasional Tanpa Sampah adalah dengan menggalakkan kembali Bank Sampah.

"Bank sampah merupakan salah satu solusi untuk memilah, mengolah dan mengurangi timbulnya sampah. Demi mengatasi volume sampah yang kian bertambah, bank sampah bisa dijadikan solusi untuk meminimalisir sampah yang dibuang ke lingkungan," paparnya.

Bank sampah sendiri menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R). Reduce artinya mengurangi pemakaian barang sekali pakai yang berpotensi menjadi sampah. Reuse berarti memperbaiki barang agar bisa digunakan kembali. Sedangkan recycle mengubah bahan yang tidak terpakai menjadi barang baru.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Sebut Jatim Cetak Sejarah Baru, Angka Kemiskinan Tembus 1 Digit

Berdasarkan data KLHK, Jawa Timur hingga akhir tahun 2023 memiliki 4.932 unit Bank Sampah Unit. Ini merupakan yang terbanyak di antara provinsi lain di Indonesia. Dengan jumlah tersebut, masih menurut data KLHK, Jawa Timur berhasil mengumpulkan dan mengelola 516,19 ton sampah di tahun 2023.

Setelah Jawa Timur, peringkat kedua dipegang oleh Provinsi Jawa Barat yang memiliki 4.107 BSU. Lalu disusul Jawa Tengah dengan 3.694 unit BSU. Kemudian Provinsi Riau menduduki posisi keempat dengan memiliki 3.534 unit BSU yang tersebar di penjuru Provinsi Riau. Dan DKI Jakarta hadir di posisi kelima dengan memiliki 2.589 unit BSU.

Baca Juga: Khofifah Dorong UMKM 'Go Global' Lewat Digitalisasi Platform E-commerce

"Mari jaga bumi dan jaga lingkungan kita dengan mimilih dan mengolah sampah. Reduce, reuse dan recycle," pungkas Khofifah.

(red)

Editor : Jabrik