Ipuk Fiestiandani Gelar Khotmil Quran Serentak, Berharap Berkah Banyuwangi Sejahtera

Foto: Dok Kab BWI
Foto: Dok Kab BWI

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Peringatan Nuzulul Quran digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan Khotmil Quran serentak Rabu (27/3/2024). Dari kantor-kantor dinas, kecamatan, kelurahan, puskesmas hingga di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan.

Kegiatan yang ditujukan untuk mengagungkan turunnya kitab suci Al-Quran tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berharap bisa menjadi penyempurna ikhtiar untuk pembangunan daerah.

Baca Juga: Tidak Ada Bahan Berbahaya, Dinkes Pastikan Jajanan Takjil di Banyuwangi Aman

“Kegiatan ini adalah bagian dari ikhtiyar memohon keberkahan dari Allah. Dengan berkah turunnya Al-Qur'an dan doa dari orang-orang yang dekat dengan Allah harapannya Banyuwangi bisa melewati berbagai tantangan dan kondisi sulit dengan baik,” harap Ipuk.

Khotmil Quran di Pendopo sendiri dilakukan bil-ghoib (secara hafalan) oleh para hafidzah (penghafal quran perempuan) yang tergabung di Jamiyah Qura’ wal Huffadz (JQH) NU Banyuwangi. Di antaranya dihadiri Nyai Hj. Saadatul Ukhrowiyah Askandar dari PP. Mambaul Ulum Sumberberas (Muncar), Nyai Nikmatur Rohmah (Ketua JQH Banyuwangi), Nyai Nasiroh, Nyai Kholifah, serta sejumlah ibu nyai lainnya. 

Bupati Ipuk sendiri tampak di antara para hafidzah yang sedang mengkhatamkan Quran. Ia terlihat khusyu menyimak bacaan para hafidzah tersebut. Dalam sehari itu, berhasil dikhatamkan sebanyak sepuluh kali.

Baca Juga: Safari Ramadan di Muncar dan Tegalsari, Ipuk Fiestiandani Launching Program Padat Karya

Sedangkan Khotmil Quran yang dilaksanakan di kantor pemerintah dilakukan oleh sebagaian karyawan dan juga para ustaz. Mereka secara bersama-sama menghatamkan Quran mulai pukul 08.00 hingga menjelang sore.

“Dengan berkah Khotmil Quran ini semoga Banyuwangi semakin maju dan sejahtera, senantiasa terjaga dan aman sentosa,” harap Ipuk.

Baca Juga: Safari Ramadan Jadi Momen Silaturahmi dan Berbagi Ipuk Fiestiandani dengan Masyarakat

Khotmil Quran ini akan dipuncaki dengan doa bersama yang dipusatkan di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan dengan dipimpin Habib Abdul Qodir Bin Zaid. Kegiatan juga dirangkai dengan sholat Magrib berjamaah, buka puasa dan sholat tarawih bersama.

(red)

Editor : Jabrik