BNPB Turun ke Lokasi Bencana Bandung Barat, Buka Opsi TMC Permudah Pencarian Korban

Foto: DOK BNPB
Foto: DOK BNPB

BANDUNG | ARTIK.ID - Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto langsung turun tangan ke lokasi banjir dan longsor di Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (27/3).

'Ini atas perintah Presiden Jokowi, Bukti kalau pemerintah sigap membantu warga yang terkena bencana," kata Letjen TNI Suharyanto.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan TNI Polri Evakuasi Dua Korban Banjir Luwu, Ditemukan Bayi Meninggal

Saat ini Tim SAR gabungan dibantu BNPB terus mencari korban yang masih hilang. Suharyanto  mengingatkan agar tim SAR selalu waspada saat mencari korban di lokasi longsor yang masih rawan.

Melihat banyak pengungsi yang trauma dan takut kembali ke rumah. Dirinya menyampaikan opsi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengurangi curah hujan dan memperlancar proses pencarian dan penanganan darurat.

"Teknologi itu bisa mengurangi hujan deras di lokasi bencana. Dengan demikian proses pencarian dan penanganan darurat bisa berjalan lancar," ungkapnya.

Baca Juga: Seminggu Mendekam di Pengungsian, Korban Banjir Kudus Sebagian Telah Kembali ke Rumah

Sebelumnya, longsor di Bandung Barat menyebabkan kerusakan pada banyak rumah warga. BNPB berkoordinasi dengan PVMBG dan instansi terkait untuk memastikan keamanan lokasi terdampak.

Bantuan senilai Rp 550 juta dari Dana Siap Pakai (DSP) diberikan untuk operasional penanganan darurat, dengan rincian Rp 250 juta untuk Bupati Bandung Barat, Rp 150 juta untuk Kodim, dan Rp 150 juta untuk Polres.

Baca Juga: Kereta Api Menyambar Truk Bermuatan Pupuk di Desa Pasar Bengkel, Serdang Bedagai

"Bantuan lain seperti tenda pengungsi, matras, selimut, sembako, dan pompa air juga telah disalurkan untuk membantu warga yang terdampak bencana," pungkasnya.

(diy)

Editor : Jabrik