Dampingi Peternak di Desa Golokan, Babinsa Koramil Sidayu Bagi Tips Sukses Beternak Sapi

Foto: Dok Korem 084/BJ - ARTIK.ID
Foto: Dok Korem 084/BJ - ARTIK.ID

SURABAYA | ARTIK.ID - Ternak sapi menjadi salah satu sektor yang menjanjikan keuntungan bagi para pelakunya. Tingginya permintaan daging sapi, baik untuk konsumsi harian maupun acara keagamaan, membuka peluang pasar yang menggiurkan.

Namun, memulai usaha beternak sapi tidak boleh dilakukan asal-asalan. Diperlukan perencanaan matang dan pengetahuan memadai agar usaha dapat berjalan efektif dan menguntungkan.

Baca Juga: Kodam V Brawijaya Bersiap Amankan Suron Agung Madiun Raya dengan 1.160 Personel

Babinsa Koramil Sidayu, Serma Sutomo, dalam kegiatan monitoring wilayahnya di Desa Golokan, Sidayu pada Minggu (24/3/2024), menekankan pentingnya pendampingan bagi peternak sapi.

"Selama ini, kami aktif mendampingi warga, khususnya peternak sapi binaan di Desa Golokan," ungkap Serma Sutomo.

Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam beternak sapi, antara lain faktor pakan sebagai faktor utama yang vital dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan sapi.

Baca Juga: Kodam V Brawijaya Jalankan Program Pendampingan dan Percepatan Stunting

"Pemilihan jenis pakan yang tepat akan meningkatkan kualitas daging," kata Serma Sutomo.

Serma Sutomo memaparkan, selain makanan, berikutnya adalah masalah kandang yang nyaman dan bersih. Hal itu sangat penting untuk menjaga kesehatan sapi. Kandang harus memiliki ventilasi yang baik dan terhindar dari predator.

Sehingga keselamatan dan kesehatan sapi dapat terjaga. setelah itu dilakukan pemberian vaksin dan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Baca Juga: 126 Calon Prajurit TNI-AD Gelombang Satu Siap Tempur Usai Lewati Materi Ketat

"Perawatan yang tepat membuat ternak selalu sehat sehingga peternak dapat mengembangkan usahanya dengan baik. Selain itu, juga perlu diperhatikan menjaga kebersihan kandang. Karena itu juga kunci utama dalam menjaga kesehatan ternak," pungkas Serma Sutomo.

(red)

Editor : Jabrik