Dalam Rangka Bulan K3 PLN Menggelar Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan

SURABAYA | ARTIK.ID - Dalam rangka bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional 2024 yang diperingati setiap 12 Januari hingga 12 Februari, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menggelar sosialisasi dan edukasi Keselamatan Ketenagalistrikan kepada pelajar dan masyarakat sebagai wujud komitmen korporasi dalam meningkatkan keselamatan ketenagalistrikan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima JNR, Jumat (26/1/2024) sosialisasi ini digelar di beberapa sekolah, komunitas sosial, dan warga serta perangkat desa. Salah satunya melalui Program PLN Goes To School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Sukodono Sidoarjo dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Talun Kediri, SMKN) 1 Sukorejo Pasuruan, serta sosialisasi kepada masyarakat dilakukan kepada Komunitas Civic Auto Society (Civas) Jombang dan warga serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Guluk-Guluk Sumenep.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Turut Berduka atas Meninggalnya 13 Petugas KPPS di Jatim

Di SDIT Nurul Fikri Sukodono Sidoarjo, PLN memberikan sosialisasi kepada 165 murid kelas 1 dan 2 serta guru dan staff pengajar tentang pengenalan apa itu listrik, sistem tenaga listrik hingga bahaya listrik dan potensi risiko yang mungkin timbul akibat penggunaan listrik yang tidak aman serta pengenalan fitur PLN Mobile.

Melalui pemahaman yang mendalam, para siswa juga dibagikan tentang langkah-langkah keselamatan sederhana yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sukorejo, Ibu Nisful Laily mengungkapkan apresiasi kepada PLN yang telah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa maupun dewan guru.

Baca Juga: Bertemu di Bandara Halim, Khofifah Indar Parawansa Ingatkan Prabowo

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN telah datang secara langsung untuk memberikan edukasi ataupun sosialisasi bagi siswa di sekolah kami.  Sangat penting bagi pelajar untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan diluar dari kurikulum yang ada di sekolah dan kami berharap tentunya para siswa dapat menyerap dan menerapakan pengetahuan tentang ketenagalistrikan ini dikehidupan sehari-hari, serta menyebarkan informasi tersebut kepada orang tua maupun teman-teman di lingkungan sekitarnya," tambah Nisful.

Selain di sekolah, sosialisasi bahaya keselamatan ketenagalistrikan yang dilaksanakan di Guluk-Guluk Sumenep, mendapatkan apresiasi Kepala Desa Guluk-guluk mengingat pada kegiatan ini masyarakat mendapatkan banyak informasi baru tentang bahaya listrik.

"Kami berharap warga Desa Guluk-Guluk memahami bahaya listrik dan menghindari penggunaan listrik yang berbahaya,” ujar  Kepala Desa Guluk-guluk, Ahmad Wail. 

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Hadiri Pelantikan Adhy Karyono sebagai Pejabat Gubernur Jatim

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo memaparkan pada peringatan bulan K3 ini selain memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para pelajar juga peningkatan kesadaran insan PLN dan masyarakat untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja dalam lingkup ketenagalistrikan.

(red)

Editor : Fudai