LPD Desa Adat Kuning Laporkan Prestasi Positif Tahun Buku 2023 Setor Dana Pembangunan Rp 40 Juta

BANGLI | ARTIK.ID - Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Kuning di kabupaten Bangli menggelar Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) untuk Tahun Buku 2023 dengan pencapaian yang membanggakan. Bangunan Bale Banjar Kuning, Bangli, menjadi saksi atas prestasi LPD yang berhasil mencapai sejumlah pencapaian positif.
Ngakan Semara Bawa, SM, Hk, selaku Bendesa Desa Adat Kuning dan Ketua Badan Pengawas LPD, didampingi oleh I Dewa Gede Raka Ratanadi, SH, pemucuk LPD Desa Adat Kuning, menyampaikan bahwa prajuru dan karyawan LPD Desa Adat Kuning telah berhasil meningkatkan kinerja lembaga. Pada Tahun Buku 2023, LPD Desa Adat Kuning mampu menyusun laporan buku tepat waktu, dengan pencapaian keuntungan yang signifikan, meningkat dari 165 juta lebih di tahun sebelumnya menjadi 201 juta lebih.

Upaya keras untuk mencari kreditur sesuai dengan tugas internal LPD menargetkan kelompok kerja dan usaha sesuai bidang masing-masing. Proses pengawasan dilakukan secara rutin setiap tiga bulan atau minggu pertama di bulan keempat, dengan memberikan rekomendasi dan arahan untuk peningkatan lebih lanjut.
Dengan aset total melebihi 7 miliar rupiah dan sekitar 6 miliar yang bergerak di lapangan, Bendesa menyampaikan bahwa tantangan ke depan adalah selalu siap menghadapi perubahan globalisasi di bidang perekonomian. Harapannya, setiap anggota krama atau masyarakat di Desa Adat Kuning dapat menabung di LPD dan melakukan deposito, sambil menetapkan target laba untuk mencapai 210 miliar rupiah ke depannya.

Baca Juga: Harga Beras Naik, LPD Desa Adat Palaktiying Bagikan 2 Ton Beras Menjelang Hari Raya Galungan

Salah satu anggota krama, Ngakan Made Hartawan, S. Pd, menyampaikan harapannya agar LPD Adat Kuning dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat desa. Hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) hari ini menjadi dorongan agar LPD mampu memberikan bantuan permodalan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Adat Kuning.
Bendesa mengakhiri dengan pesan kepada prajuru dan karyawan untuk terus semangat, mengembangkan diri lebih baik lagi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Langkah ini diharapkan akan memastikan bahwa LPD Desa Adat Kuning terus tumbuh dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat. Pungkasnya (lani)

Baca Juga: LPD Desa Adat Megati Tutup Tahun dengan Pencapaian Positif, Aset Rp 3,5 Miliar

Editor : Fudai