LPD Desa Adat Pohsanten LPJ Raih Sukses Gemilang, Laba Rp 840 Juta Rupiah Tahun 2023

Bendesa Desa Adat Pohsanten Gusti Agung Komang Suka Darma (kiri) Saat Meneriman Dana Pembangunan yang di Serahkan Oleh Ketua LPD Pohsanten Jum'at 12/01/2024
Bendesa Desa Adat Pohsanten Gusti Agung Komang Suka Darma (kiri) Saat Meneriman Dana Pembangunan yang di Serahkan Oleh Ketua LPD Pohsanten Jum'at 12/01/2024

JEMBRANA | ARTIK.ID - Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Pohsanten merilis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tahun buku 2023, pada hari ini Jum’at 12 Januari 2024 kegiatan Pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) ini bertrmpat di halaman Kantor LPD Desa Pohsanten, yang menandai keberhasilan dan kontribusi positif bagi masyarakat setempat. Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa laba LPD Desa Adat Pohsanten pada tahun 2023 mencapai angka yang mengesankan sebesar 840 juta rupiah.


Pencapaian ini mencerminkan upaya dan manajemen yang baik dari LPD Desa Adat Pohsanten dalam memastikan kesejahteraan masyarakat setempat. Gusti Agung Komang Suka Darma, Bendesa Desa Adat Pohsanten, memberikan apresiasi kepada Pengurus dan masyarakat yang aktif menabung, dengan beberapa di antaranya bahkan memiliki saldo mencapai ratusan juta rupiah baik dalam bentuk deposito maupun tabungan harian.

Baca Juga: LPD Desa Adat Megati Tutup Tahun dengan Pencapaian Positif, Aset Rp 3,5 Miliar


"Kepada seluruh masyarakat Desa Adat Pohsanten, saya ingin menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan partisipasi aktif dalam menabung. Melalui LPD, kita telah berhasil mencapai laba sebesar 840 juta rupiah pada tahun 2023. Ini adalah prestasi yang luar biasa, dan saya berharap kita dapat terus mempertahankannya," ujar Gusti Agung Komang Suka Darma.

Baca Juga: YPLSB dan ARMS Jalin Kerja Sama untuk Evaluasi Kinerja dan Implementasi RKAPB 2024


Saya juga mengajak masyarakat untuk terus rajin menabung, dengan menyampaikan pesan bahwa dana yang terkumpul dapat digunakan untuk keperluan upacara adat atau dalam situasi darurat. "Dengan menabung, kita tidak hanya merencanakan masa depan secara finansial, tetapi juga dapat menjaga keberlangsungan tradisi dan budaya leluhur kita. Dana yang terkumpul dapat digunakan pada upacara adat atau kegiatan masyarakat lainnya," tambahnya.


Salah satu keuntungan utama keberadaan LPD bagi Desa Adat Pohsanten adalah alokasi 20 persen dari laba untuk pembangunan desa adat tahun 2023 ini mencapai Rp 168 Juta Dana ini menjadi sumber penting untuk memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur serta memberdayakan masyarakat secara ekonomi. Selain itu, LPD juga memberikan kemudahan bagi desa adat untuk meminjam dana tanpa bunga dalam situasi kekurangan anggaran.

Baca Juga: LPD Bali Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat


Dalam suasana penuh kebanggaan, masyarakat Desa Adat Pohsanten dapat melihat bahwa LPD bukan hanya lembaga keuangan, tetapi juga mitra pembangunan yang berkontribusi nyata untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama. Harapan untuk masa depan yang lebih baik dan keberlanjutan tradisi adat semakin tampak jelas melalui keberhasilan LPD Desa Adat Pohsanten. (lani)

Editor : Fudai