Pedagang UMKM Belajar TIK Bareng Arumi Bachsin dan Diskominfo Jatim

SURABAYA | ARTIK.ID - Sebanyak 120 pedagang UMKM di bidang makanan, kerajinan, dan fashion di Jawa Timur mengikuti pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Pelatihan tersebut berlangsung di Aula Dinas Kominfo Jatim, Senin (27/11), dengan tujuan untuk membekali pedagang UMKM keterampilan TIK. Keterampilan, hal itu dinilai penting untuk mengembangkan usaha, terutama di era digital saat ini.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, mengatakan, Indonesia adalah pasar yang besar dengan budaya belanja yang masih tinggi.

Hal itu akan menjadi peluang yang luar biasa bagi pedagang UMKM.

Namun begitu, Arumi juga mengakui bahwa di era digital, persaingan usaha juga semakin ketat. Oleh karena itu, pedagang UMKM perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan bertransformasi secara digital.

"Konsumen sekarang sudah semakin akrab dengan gadget. Ini tandanya kita juga harus akrab dengan dunia digital. Kita harus terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi," ujar Arumi.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Abdul Hamid Hasan, mentor digital marketing e-commerce expert, dan Vinna Christie, broadcaster dan public speaker.

Abdul Hamid Hasan menyampaikan materi tentang cara mengoptimalkan e-commerce. Sementara itu, Vinna Christie menyampaikan materi tentang cara menjadi live streamer online shopping.

Para peserta pelatihan mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Mereka berharap ilmu yang mereka dapatkan dapat bermanfaat untuk mengembangkan usaha mereka.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi tahu bagaimana cara memanfaatkan TIK untuk mengembangkan usaha," ujar salah satu peserta pelatihan.

(ara)

Editor : Fudai