JAKARTA | ARTIK.ID - PT Astra International Tbk (ASII) masih mempertahankan pangsa pasarnya di angka 56% pada penjualan mobil nasional sepanjang Januari-Oktober 2023. Hal ini dibuktikan dengan total penjualan mobil ASII yang mencapai 465.869 unit pada periode tersebut.
Angka penjualan ASII tersebut mewakili 56% dari total penjualan mobil nasional yang tercatat sebanyak 836.049 unit pada 10 bulan pertama tahun ini.
Baca Juga: AKPI Bikin Anak Usaha Baru yakni PT Argha Inovasi Pratama
Head of Corporate Communications ASII, Boy Kelana Soebroto mengatakan, perseroan optimistis penjualan mobil nasional akan terus positif hingga akhir tahun.
"Kami berharap penjualan mobil nasional dapat terus positif hingga akhir tahun," kata Soebroto, dalam keterangan resmi.
Toyota dan Lexus masih menjadi kontributor terbanyak pada penjualan mobil ASII, dengan volume kendaraan terjual sebanyak 275.801 unit pada 10 bulan pertama tahun ini.
Baca Juga: AKPI Bikin Anak Usaha Baru yakni PT Argha Inovasi Pratama
Kemudian penjualan mobil Daihatsu tercatat sebanyak 161.650 unit, Isuzu 26.661 unit, UD Trucks 1.575 unit, dan Peugeot 182 unit.
Dari seluruh mobil yang dijual oleh ASII, mobil tipe LCGC (Low Cost Green Car) berkontribusi sebanyak 131.182 unit.
"Ini setara dengan 28% dari total penjualan mobil perseroan sepanjang 10 bulan pertama tahun ini. Sedangkan pangsa pasar ASII untuk mobil LCGC pada periode ini berada di level 74%," ujar Soebroto.
Baca Juga: UNIQ Kantongi Kontrak Baru Senilai Rp 439 Miliar untuk Tambang Nikel Ore di Sulawesi Tenggara
Sebagai catatan, volume penjualan mobil ASII pada tahun 2022 lalu tercatat sebanyak 574.198 unit. Pangsa pasar penjualan mobil perseroan pada tahun 2022 tercatat sebesar 55%.
(ara)
Editor : Fuart