Membanggakan, Bunda Paud Jembrana Terima Penghargaan Wiyata Dharma Madya Tingkat Nasional

JEMBRANA | ARTIK.ID - Dinilai sukses menjadi motor penggerak  terwujudnya PAUD berkualitas dan menjadi penggerak transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Jembrana, Bunda Paud Jembrana, Ny. Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba memperoleh penghargaan kategori Wiyata Dharma Madya tingkat Nasional.


Yang lebih membanggakannya lagi, Ny. Candrawati Tamba menjadi satu-satunya Bunda PAUD Kabupaten/Kota di Provinsi Bali yang menerima penghargaan dalam kategori tersebut. Penghargaan diserahkan oleh Ibu Wapres RI, Hj. Wiry Estu Handayani Ma'ruf Amin dalam acara Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar di Mercure Conventions Center, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (8/11).

Baca Juga: Program Menyapa di Kecamatan Pekutatan, Bupati Tamba Paparkan Program Pemberdayaan Anak Muda


"Terima kasih kepada seluruh stakeholder mulai dari Pokja Bunda PAUD Jembrana, organisasi mitra PAUD, Forum Komunikasi PAUD SD, DUDI, dan mitra pembangunan lain atas dukungan dalam Gerakan Transisi PAUD SD yang Menyenangkan di Jembrana. Apresiasi ini untuk kita semua, untuk pendidikan yang lebih baik menuju Jembrana Emas 2026," ungkap Bunda Candrawati Tamba usai pelaksanaan acara.


Lebih lanjut, Ia yang juga sebagai Ketua TP PKK Jembrana menuturkan beberapa program dan inovasi yang telah dilakukan dalam mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Jembrana diantaranya penciptaan jingle transisi PAUD yang Menyenangkan.


Kemudian membentuk regulasi, koordinasi bersama stakeholder terkait, workshop, sosialisasi baik melalui media konvensional dan online, monev (monitoring dan evaluasi) pelaksanan kegiatan, gerakan parenting yang bersinergi dengan TP PKK yang menyasar keluarga-keluarga, dan peningkatan kesejahteraan guru PAUD khususnya yang non PNS dengan pemberian insentif.


"Selain itu, suksesnya pelaksanaan Gebyar Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan dihadiri 4.967 orang lebih. Itu menunjukan komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan dalam mensukseskan gerakan ini. Sekali lagi, dengan dukungan team yang solid, penghargaan ini menjadi jawabannya. Kedepan tentunya kita akan lebih semangat lagi," jelasnya.

Baca Juga: Paripurna DPRD Jembrana Bahas Ranperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah


Sejalan dengan itu, Kadis Dikpora Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra menyampaikan penghargaan yang diterima dari pemerintah pusat ini merupakan apresiasi terhadap capaian kinerja Bunda PAUD Jembrana dalam menjalankan peran dan tugas secara optimal mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan menuju PAUD yang berkualitas.


"Penghargaan ini bukan hanya sekadar apresiasi, namun juga menjadi inspirasi bagi para pemangku kebijakan dan masyarakat untuk terus mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini di Jembrana," ucapnya.


Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga Bunda PAUD Nasional memberikan apresiasi kepada Bunda PAUD di seluruh Indonesia atas pencapaian dan upaya yang sudah dilakukan untuk memperkuat gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. 

Baca Juga: Bupati Tamba Serahkan Santunan Warga Meninggal Kecelakaan Kerja


“Kami sangat berbangga, karena sejak gerakan ini diluncurkan, antusiasme di berbagai daerah di Indonesia sangat tinggi. Semakin banyak kegiatan sosialisasi yang dilakukan untuk membuka wawasan masyarakat terkait gerakan ini," pungkasnya.


Hadir dalam acara Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional Tahun 2023, Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim beserta jajaran, anggota OASE KIM, serta Bunda Paud Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia. (lani)

Editor : Lani