BEI Luncurkan IDX New Listing Information untuk Mudahkan Investor Analisa Pencatatan Saham

JAKARTA | ARTIK.ID - Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan investor, pelaku pasar dan stakeholders akan data dan informasi yang komprehensif terkait pencatatan perdana saham suatu perusahaan, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan publikasi statistik baru bernama IDX New Listing Information pada Rabu (20/09).

Publikasi ini merupakan kumpulan data dan informasi pencatatan perdana calon perusahaan tercatat di BEI yang meliputi profil perusahaan, informasi IPO dan pencatatan, data laporan keuangan, serta informasi pemegang saham. Data tersebut dapat membantu investor menentukan keputusan investasi, analisis dan penelitian. Peluncuran publikasi ini juga merupakan upaya BEI dalam mendukung ketersediaan, transparansi, dan akses yang lebih luas akan data pasar modal Indonesia.

Baca Juga: IHSG Melemah, Saham ICON dan META Menjadi yang Paling Menguntungkan

Peluncuran IDX New Listing Information bertujuan agar data dan informasi yang disediakan terstandardisasi untuk mendukung integrasi sistem basis data, serta meningkatkan tampilan dan penyajian data agar menjadi lebih mudah dimengerti sekaligus user friendly. Hal ini selaras dengan misi BEI untuk berkontribusi dalam memperluas pemanfaatan informasi pasar modal bagi seluruh masyarakat dan meningkatkan inklusi serta literasi pasar modal Indonesia.

Adapun informasi-informasi yang terdapat dalam IDX New Listing Information antara lain:

  • Profil Perusahaan (Company Profile)
  • Pencatatan Saham Perdana (IPO & Stock Listing)
  • Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)
  • Papan Pencatatan dan Klasifikasi Industri (Board & Classification)
  • Pencatatan Waran (Warrant Listing)
  • Rencana Penggunaan Dana (Intended Use of Fund)
  • Lembaga Profesi Penunjang (Supporting Institutions)
  • Data Laporan Keuangan (Financial Statement Data)
  • Informasi Segmen Usaha (Segment Information)
  • Informasi Lain (Other Information)
  • Informasi Pemegang Saham (Shareholder Information)

Pada peluncuran IDX New Listing Information, BEI menambahkan konten yang disajikan agar dapat lebih memenuhi kebutuhan investor antara lain: rasio oversubscription, jumlah pencatatan dalam setahun, anggota indeks ISSI, cost of fund, kategori rencana penggunaan dana IPO, ringkasan laporan keuangan dan pemegang saham terbaru, kinerja keuangan dalam bentuk grafik (aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, laba/rugi), rasio keuangan, jumlah karyawan, dan diagram komposisi pemegang saham.

Baca Juga: Ekspansi Bisnis, INKP Terbitkan Obligasi US$150 Juta untuk Beli Mesin Baru

“Peluncuran publikasi IDX New Listing Information menunjukkan komitmen BEI dalam menyediakan publikasi statistik pasar modal yang komprehensif bahkan sejak perusahaan akan tercatat di BEI. Kami juga akan berupaya agar data tersebut juga bisa tersedia pada aplikasi IDX Mobile ke depannya”, ujar Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy.

(diy)

Baca Juga: Data Perdagangan Bursa Efek dalam Volume Transaksi Pekan Ini Meningkat

 

 

Editor : Fudai