Cabor Paralayang Porprov Jatim VIII di Gunung Watu Bayan Berebut 7 Medali Emas

avatar Artik News

MADIUN | ARTIK.ID - Sebanyak 18 kabupaten dan kota memperebutkan tujuh medali emas dari cabang olahraga (cabor) Paralayang pada ajang Porprov Jatim Ke- VIII tahun 2023.

Cabang olahraga (cabor) Paralayang pada Porprov Jatim Ke- VIII tahun 2023, memilih Gunung Watu Bayan, Klangon, Saradan, Kabupaten Madiun sebagai lokasi perlombaan.

Baca Juga: Antisipasi Kebakaran di Surabaya, Eri Cahyadi Minta Warga Tidak Bakar Sampah

Paralayang adalah salah satu cabang olahraga yang menantang dan memacu adrenalin. Para atlet paralayang harus memiliki keberanian, keterampilan, dan ketahanan fisik untuk terbang di udara dengan menggunakan parasut.

Paralayang juga merupakan olahraga yang indah dan menarik untuk ditonton, karena menampilkan pemandangan alam yang luar biasa dari ketinggian.

Gunung Watu Bayan merupakan lokasi yang ideal untuk paralayang, karena memiliki ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut, angin yang stabil, dan panorama alam yang mempesona.

Technical Delegate Cabor Paralayang, Thomas Sabarudin mengatakan, para atlet paralayang akan berkompetisi dalam tujuh nomor, yaitu akurasi putra dan putri, akurasi beregu putra dan putri, akurasi beregu campuran, dan lintas alam beregu putra dan putri.

"Total medali emas yang diperebutkan adalah tujuh buah, dengan rincian 17 keping medali emas untuk semua nomor tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Cabor Binaraga Porprov Jatim Tambah Medali Jelang Pengumuman Pemenang

Para atlet paralayang telah melakukan latihan resmi pada Sabtu (9/9/2023), setelah sebelumnya mengikuti rapat teknis pada Jumat (8/9/2023) malam.

"Mereka akan berusaha menunjukkan performa terbaiknya untuk meraih medali emas bagi daerahnya," tutur Thomas.

Paralayang di Porprov Jatim VIII tidak hanya menjadi ajang olahraga prestisius, tetapi juga menjadi sarana promosi wisata bagi Kabupaten Madiun.

Baca Juga: Cabor Dayung di Porprov Jatim 2023, Surabaya Memimpin Perolehan Emas

Desa Klangon memiliki potensi wisata yang besar, karena memiliki keindahan alam yang menawan dan fasilitas paralayang yang lengkap. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan pegunungan dari atas parasut, atau sekadar bersantai di bawah pohon rindang.

Paralayang di Porprov Jatim VIII diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga ini, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Madiun. Paralayang juga bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk berani bermimpi dan terbang tinggi.

(diy)

Editor : Fudai