Bupati Ipuk Fiestiandani Dorong Poskesdes Banyuwangi Jadi Solusi Kesehatan Warga

avatar Artik News

BANYUWANGI | ARTIK.ID - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mendorong pemerintahan desa Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Lewat layanan ini diharapkan masalah kesehatan masyarakat bisa dideteksi sejak dini.

“Selain Posyandu, Poskesdes akan melengkapi pelayanan kesehatan dasar warga. Harapannya, masalahan kesehatan warga desa bisa dideteksi lebih dulu, sehingga bisa ditangani dengan cepat, sesuai dengan kondisi,” kata Bupati Ipuk saat meresmikan Poskesdes di Desa Canthuk, Kecamatan Singojuruh, pada Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Dalam Apel Gelar Pasukan Persiapan Pemilu, Ipuk Fiestandani Minta Warga Banyuwangi Tidak Golput

Pembangunan Poskesdes ini merupakan inisiasi dari kepala desa setempat yang dibangun menggunakan anggaran Dana Desa, serta bantuan dari berbagai pihak.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang telah digagas Pak Kades bersama jajaran. Terima kasih telah mendukung upaya pemkab untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga. Semoga hadirnya Poskesdes ini bisa membuat warga di sini semakin sehat,” ujar Ipuk.

Menurut Ipuk, kehadiran Poskesdes akan memberikan banyak manfaat bagi warga. Selain untuk pemeriksaan dan pengobatan, Poskesdes bisa menjadi sarana edukasi, pemberdayaan, hingga pusat informasi terkait kesehatan.

“Jadi tidak melulu melayani pemeriksaan kesehatan, tapi harus ada upaya-upaya promotif dan preventif agar masyarakat semakin sehat, terhindar dari wabah atau kejadian luar biasa (KLB) suatu penyakit,” tegas Ipuk.

Baca Juga: Khofifah Resmikan Asrama Wisma Artyasatya SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi

Misalnya, untuk menghindari KLB TBC, Poskesdes bisa melakukan edukasi terkait penyakit tersebut. Bisa juga untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, Poskesdes bisa melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu hamil bagaimana menjaga kesehatan di masa kehamilan hingga menyusui.

“Begitu juga terkait stunting, Poskesdes bisa memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan masih banyak lainnya, sehingga kehadiran Poskesdes ini betul-betul memberikan dampak positif terhadap kesehatan warga,” jelas Ipuk.

Sementara Kepala Desa Canthuk, Masbudi, menjelaskan Poskesdes rutin membuka layanan. Adapun tenaga kesehatan yang bertugas di-support dari Puskesmas Singojuruh. Setiap buka akan dilayani satu bidan dan satu perawat.

Baca Juga: Ipuk Fiestiandani Apel Siaga Pengawas Pemilu, Minta Warga Banyuwangi Jaga Kondusivitas

“Warga semua usia bisa datang dan memeriksakan kesehatannya di sini. Semakin awal dideteksi dan ditangani, harapannya kesempatan sembuh akan lebih besar,” kata Masbudi.

(red)

Editor : Fudai