Latihan Super Garuda Shield di Baluran Diikuti 5000 Prajurit dari 17 Negara

avatar Artik News

SITUBONDO | ARTIK.ID - Latihan super Garuda shield 2023 secara resmi dibuka. Pembukaan latihan itu, ditandai dengan adanya upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono di Puslatpur 5 Marinir Baluran Jawa Timur, Kamis (31/8/2023).

Setidaknya terdapat 5.000 prajurit dari 17 negara saling bahu-membahu meningkatkan kapabilitas dan juga kemitraan. Kehadiran dari perwakilan masing-masing negara pada pelaksanaan latihan itu, merupakan komitmen bentuk dukungan perdamaian dan kerjasama.

Baca Juga: Latihan Pertempuran Jarak Dekat Prajurit Satkopaska Koarmada II Bersama NAVSOU5

Hal itu dikatakan oleh Panglima TNI dalam sambutannya. Selain sebagai ajang peningkatkan kapabilitas, Laksamana Yudo menyebut jika latihan itu seakan menjadi kesempatan yang baik untuk mengenal aneka produk tradisional, budaya, adat istiadat, hingga keragaman yang ada di Indonesia.

“Super Garuda Shield mereplikasikan lingkungan pertahanan dan keamanan yang dinamis dimana seluruh prajurit yang berpartisipasi akan berlatih dan mengembangkan kemampuannya dalam merencanakan, memimpin dan berkomunikasi dengan sesama rekannya dalam waktu yang singkat,” jelas Panglima TNI.

Baca Juga: ABK Mekar Jaya yang Mengalami Kecelakaan Ditemukan Tewas di Pantai Grajagan

Perlu diketahui, Super Garuda Shield merupakan ajang latihan bersama dengan skala cukup besar antara TNI dan militer negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik, kembali digelar di Indonesia dan menjadi latihan multinasional terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

Beberapa pejabat maupun Perwira TNI turut hadir dalam pembukaan latihan terbesar sepanjang sejarah tersebut, salah satunya ialah Kasdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Niko Fahrizal, Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua MPR, Ketua DPR, dan Menteri PAN-RB.

Baca Juga: Marinir Indonesia dan Tentara Negara Sahabat Latihan Survival di Hutan Baluran

(ara)

Editor : Fudai