Fraksi PDI-Perjuangan Kota Surabaya Dikunjungi Peneliti Politik dari 4 Negara

avatar Artik News
Tengah, Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am
Tengah, Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am

SURABAYA | ARTIK.ID - Ahli politik dari 4 Negara Asia berkunjung ke sekretaris Fraksi PDI-Perjuangan pada jumat sore 28 Juli 2023.

Kunjungan tersebut bertempat di ruangan Fraksi PDI-perjuangan DPRD Kota Surabaya dan di hadiri oleh Sekertaris Fraksi PDI-Perjuangan Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am sekaligus anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya.

Baca Juga: Arif Fathoni Bantah Rumor Golkar Bahas AKD, Tunggu Pelantikan dan Koordinasi Antar Partai

Ahli politik 4 Negara Asia yakni Edward Aspinal Ahli politik Indonesia sekaligus penulis buku Democracy For Sale, Allen Hicken ahli politik Thailand, Meredith Weiss ahli politik Malaysia dan Paul Huncorf ahli politik Filipina.

Serta turut hadir Kepala Prodi Ilmu Politik UIN sunan ampel Surabaya, Noor Rohman, MA, Wakil Dekan FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya Dr. Aniek Nurhayati, M.Si, Sekertaris Prodi Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya, Ajeng Widya Prakasita, M.A, translator dan Aktivis politik dan Tim Ghoni Center.

Edward Aspinall menjelaskan bahwa kunjungan kali ini memiliki tujuan untuk meneliti dan mengamati peran serta tupoksi legislatif khususnya di Kota Surabaya Fraksi PDI-Perjuangan dalam menjalankan Dewan Pimpinan Rakyat Daerah.

“Pada kesempatan kali ini, saya dan beberapa ahli politik di beberapa Negara Asia berkunjung untuk menjadikan bapak abdul Ghoni sebagai narasumber kami sekaligus guna untuk menambah wawasan politik kami khususnya peran DPRD fraksi PDI-Perjuangan di Surabaya” ujar Edward Aspinall.

Baca Juga: Dewan Harapkan Pemkot Surabaya Jaga Paru-paru Kota

Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am menjelaskan dan bicara tentang peran dan tupoksi (Tugas, Pokok dan Fungsi) DPRD terlebih dahulu terkait legislatif. Terkadang banyak sekali yang masih belum bisa memahami perbedaan Legislatif dan Eksekutif.

“Pertama-tama kita pahami dahulu Legislatif memiliki peran yang pertama adalah merancang dan membuat peraturan-peraturan. Lalu yang kedua adalah, controling yakni melakukan pengawasan terhadap keberlangsungan peraturan itu sendiri. Yang ketiga adalah bersama eksekutif merancang dan menyusun anggaran” jelas abdul ghoni kepada edward aspinall dan koleganya.

Selama diskusi berlangsung, Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ahli politik 4 Negara dengan tegas dan jelas. Hal ini membuktikan kompetensi, penguasaan peran dan kualitas DPRD Fraksi PDI-Perjuangan di Surabaya sangat luar biasa.

“Cak Ghoni selama diskusi benar-benar memahami segala pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh ahli politik 4 Negara. Cak Ghoni juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan tegas dan jelas. Menurut saya kompetensi, penguasaan materi dan kualitas DPRD Fraksi PDI-Perjuangan tidak perlu diragukan serta sangat luar biasa” ujar dinda sebagai aktivis Politik.

Baca Juga: Jukir Benteng Kenjeran Tarik Biaya Foto Rp 150 Ribu untuk Satu Orang, Pengunjung Kecewa

Kunjungan tersebut di akhiri dengan ucapan terima kasih dan foto bersama.

“Thank you and so amazing” ujar paul huncorf sembari berjabat tangan dan berpamitan pulang kepada peserta yang hadir.

(ara)

Editor : Fudai